UAS Terima Kunjungan 30 Tenaga Pendidik 5 Provinsi dari Thailand Berkunjung ke Tempatnya

PEKANBARU (Surya24.com) - Terlihat sumbringah dan bahagia di raut muka 30 orang tenaga pengajar, Dosen, Kepala Sekolah dan guru dari Provinsi Pattani, Jala, Songkla, Naratiwat dan Satun dipimpin DR.H.Rusdy Mahmood dan DR.Datuk Hasan saat di sambut dan di terima Prof.Dr. Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pondok Pesantren Tahfiz Al Quran Az Zahra di Jalan Kamboja Rimbo Panjang, Selasa (14/3/2023) pagi. 

Kedatangan tokoh-tokoh pendidikan dari Thailand Selatan ke Pesantren di pimpin ulama kondang di Indonesia khususnya Provinsi Riau ini dalam rangka kunjungan muhibah dan study banding pimpinan sekolah berbasis agama Islam dari Thailand dengan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau. 

Kedatangan DR.H.Rusdi Mahmood didampingi Datuk DR. Hasan dari Yayasan Bunga Raya atau himpunan guru-guru pengajar di berbagai sekolah madrasah dari rumpun melayu ini turut didampingi Sekretaris DMDI Riau, Datuk Drs.Taslim Perwira MA mewakili Ketua DMDI Riau Datuk Drs.H. Masrul Kasmi. 

UAS terlihat gembira saat menyambut kedatangan tokoh-tokoh pendidik dari Pattani, Jala, Songkhla, Narathiwat dan Sattun ini yang datang dari jauh untuk bersilaturahmi dan melihat pesantren tahfiz yang di pimpinya. 

" Saya bahagia dengan kedatangan saudara-saudara saya dari rumpun melayu dan telah memilih pondok saya. Pertemuan ini sangat berharga untuk menjalin silaturami dan nengingat sejarah nusantara dan serumpun saling berkaitan  " ucap Ustaz UAS. 

" Kesempatan ini kita jadikan moment  saling berbagi pengalaman dan menjalin ukhwah Islamiah tentunya dalam rangka memajukan pendidikan Islam, khususnya Tahfiz, " kata UAS. 

Usai mendengarkan sambutan dan pencerahan dari Ustaz UAS yang lebih banyak bercerita tentang sejarah kerajaan melayu dan peradaban melayu akhirnya rombongan yang di pimpin DR.H.Rusdi Mahmood meninggalkan komplek Pesanten kondang tersebut untuk melanjutkan kunjungan selanjutnya di Bangkinang. 

Sampai di Bangkinang Kota, rombongan Dosen, Kepala Sekolah dan guru-guru dari Yayasan Bunga Raya Pattani berkunjung ke SD Muhamadiyah 19 Bangkinang Kota. 

Di SDN Muhammadiyah 19 Bangkinang Kota ini disambut dengan dram band sekolah tersebut dengan meriah bersama majelis guru dan pelajar. 

Kedatangan di SD Muhammadiyah ini disambut Kepala Sekolah, Ustaz Musta'im dan Kepala Dinas Pendidikan Kampar yang diwakili Kasi Pendidikan SD, Admiral Spd. 

Disini DR.H.Rusdi Nahmood  mendengarkan sejarah dan perkembangan SD Muhammadiyah sejak Tahun 1993, dimana kini siswanya berjumlah 1.150 pelajar dari berbagai daerah di Kampar dan Rohul. 

Usai sholat Zuhur, DR.H.Rusdi Mahmood, Datuk DR.Hasan melanjutkan kunjungan muhibah ke Universitas Islam Riau (UIR). 

Wakil Rektor I Bidang Akademis, Dr.Syafhendri.Msi dan Wakil Rektor Hubungan Internasional UIR menyambut sekaligus menggelar pertemuan di ruangan pertemuan UIR. 

" Kami menyambut baik kedatangan Dosen dan rombongan dari negara jiran rumpun melayu kita ini. Banyak yang di bahas tadi, mulai dari kesempatkan anak-anak dari Thailand kuliah di UIR, bea sisa, asrama dan subdisi, kami akan memberikan kemudahan, "ujar Dr Syafhendri MSi yang mewakili Rektor UIR Prof.Syafrinaldi.SH.Mcl. 

" UIR siap menjadi tempat bagi saudara-saudara kita dari Thailand ini. Kami akan beri kemudahan, nanti juga akan menghantar mahasiswa asal Thailand yang kulliah di UIR magang disana," sebut Wakil Rektor I ini. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pertukaran cendera mata dari Yayasan Bunga Raya oleh DR.H.Rusdi Mahmood dan Datuk DR.Hasan kepada Dr.Syafhendri Msi dan di tutup seasion photo bersama. (Hy)