5 Tips Puasa Aman untuk Ibu Hamil, Ini Dia 7 Tips agar Si Kecil Kuat Puasa Ramadan

Ilustrasi  (dok: Freepik/odua)

JAKARTA- (SURYA24.COM) Setiap umat muslim tentu menyabut gembira bulan Ramadhan dengan menjalankan ibadah puasa, termasuk ibu hamil. Ibu hamil sejatinya mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa dengan menggantinya di hari lain. Sebab, berpuasa saat sedang hamil bukan perkara yang mudah.

   Apabila ibu hamil tetap ingin mencoba untuk berpuasa, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan. Pasalnya ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi dan gizi untuk menunjang kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Lalu, ada gak sih tips puasa aman untuk ibu hamil?

  Bila ibu diperbolehkan berpuasa, perhatikan 5 hal penting berikut ini yang aman untuk ibu hamil ketika akan berpuasa, seperti dikutip dari berbagai sumber yang dilansir suara.com,  Selasa, (14/3/2023).

1. Minum Air Putih yang Banyak

  Memenuhi cairan kebutuhan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Setidaknya minum 2-3 liter perhari guna mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin.

2. Hindari Makanan Manis

Ketika di waktu sahur sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang manis karena akan merangsang hormon insulin, sehingga ibu bisa cepat lemas dan mudah lapar.

3. Menjaga Kebutuhan Serat

    Kebutuhan serat bagi ibu hamil pun harus terpenuhi dan terjaga dengan baik agar terhindar dari masalah kesehatan pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat pada sayuran dan buah juga mampu menjaga vitalitas ibu hamil selama berpuasa.

4. Konsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks

  Agar ibu hamil terhindar dari lemas dan cepat lapar, ibu bisa mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks dan lemak dalam jumlah yang cukup. Jenis zat gizi tersebut bisa bertahan lebih lama sehingga dapat membuat ibu kenyang lebih lama.

5. Hindari Air Dingin

   Saat waktu berbuka alangkah baiknya untuk menghindari air dingin. Hal ini dapat memicu terjadinya asam lambung. Ibu bisa mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat serta buah-buahan segar seperti semangka atau melon.

   Perlu diingat, apabila ibu hamil sudah merasa tidak sanggup berpuasa dan mengalami dehidrasi, sebaiknya segera batalkan puasa demi keselamatan dan kesehatan. Itulah tips puasa aman untuk ibu hamil. 

Supaya Si Kecil Kuat Puasa Ramadan

    Anak-anak memang belum melewati masa akil baligh, sehingga belum punya kewajiban untuk berpuasa penuh di bulan Ramadan. Namun, sebagai orang tua kita bisa mulai memperkenalkan cara berpuasa sambil melatihnya agar terbiasa sejak dini. Supaya nanti saat dewasa mereka sudah terbiasa menjalankan puasa.

   Ada beberapa tips sederhana yang bisa kita terapkan agar si kecil kuat puasa Ramadan. Simak yuk di bawah ini buat selengkapnya!

 

1. Berikan Dukungan dan Motivasi

Jelaskan pada si kecil mengapa ia harus menjalankan puasa Ramadan. Kamu bisa juga memaparkan manfaat berpuasa. Beberapa orang tua ada yang memberikan anaknya hadiah jika ia berhasil menjalankan puasa Ramadan sebagai motivasi.

2. Pilih Menu Sahur yang Bernutrisi

   Nutrisi lengkap tentu dibutuhkan supaya si kecil tetap semangat beraktivitas walau menjalankan puasa Ramadan. Kamu bisa siapkan menu 4 sehat 5 sempurna. Lengkapi juga dengan air putih yang cukup supaya tidak dehidrasi.

3. Isi Waktu Luang dengan Hal Produktif Tanpa Menguras Banyak Tenaga

  Memilih aktivitas juga sangat penting nih! Supaya si kecil tidak terlalu kecapekan dan jadi lapar atau haus, kamu bisa mengajaknya beraktivitas yang lain. Jika biasanya ia main sepak bola di siang hari, kamu bisa menggantinya dengan belajar bahasa Inggris atau mengaji.

4. Ajak Anak Ikut Menyiapkan Buka Puasa

    Jelang waktu berbuka, biasanya anak jadi lebih rewel. Untuk mengalihkan perhatiannya, kamu bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu berbuka. Misalnya bikin es buah atau merapikan meja. Ini juga akan jadi momen quality time keluarga!

5. Hindari Makanan Terlalu Berminyak untuk Berbuka

     Mengonsumsi gorengan sebagai takjil memang lezat, tapi kurang baik untuk kesehatanmu sekeluarga! Kamu bisa menggantinya dengan air putih dan kurma sebagai pembuka. Jika ingin yang manis-manis, kamu bisa menyiapkan es buah, tapi hindari menggunakan terlalu banyak campuran susu kental manis atau sirup.

6. Atur Pola Tidur

   Bangun untuk sahur mungkin jadi tantangan terbesar bagi anak. Pastikan ia tetap tidur cukup agar tetap bugar keesokan harinya. So, pastikan si kecil tidak tidur terlalu larut ya!

7. Buat Kamar Tidur Jadi Nyaman

  Suasana kamar yang nyaman akan membuat tidurnya jadi lebih nyenyak. Memastikan AC cukup dingin, supaya si kecil merasa tenang. Jangan lupa untuk tetap rutin cuci AC setiap 2-3 bulan sekali agar udara AC selalu dingin.***