Gara-gara Makan Babi Sambil Ucapkan Bismillah Lina Mukherjee Tuai Kecaman dan Diperkarakan, Siapa yang Nyuruh Dia? Berikut Ulasannya

(dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM)  – Ulah kontroversial tiktoker Lina Mukherjee (32) menuai kecaman dari sejumlah kalangan. Belakangan, dikabarkan dia dilaporkan kepihak berwajib dengan tuduhan melakukan  penistaan agama. Salah satu kecaman itu dating dari    Dai Nahdlatul Ulama (NU), Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.

 Gus Miftah  mengecam tindakan Tiktoker Lina Mukherjee  yang mengunggah aktivitasnya makan babi di akun Tiktok-nya. Lina yang terang-terangan mengaku, sudah tiga kali makan babi untuk ketiga kalinya mengunggah video dengan memulai membaca bismillah.

 

Padahal, ia diketahui sebagai seorang Muslim sehingga dianggap sedang mengejek ajaran Islam. Sebelum memulai makan babi, ia bercerita, pertama kali makan babi ketika sedang di Srilanka. Lina mengaku, tidak tahu jika pork dalam bahasa Inggsir artinya babi, dan setelah itu ia ingin ke masjid.

 

Gus Miftah pun mengaku, sebenarnya tidak memiliki urusan pribadi dengan Lina. "Saya tak punya urusan pribadi dengan Anda. Mau makan babi itu urusan Anda, tapi sudah menjadi urusan kami jika Anda posting kemaksiatan dan dosa yang Anda lakukan," ujar Gus Miftah dalam videonya dikutip Republika.co.id di Jakarta, Ahad (19/3/2023).

 

Gus Miftah menilai, jika Lina menganggap kegiatannya makan babi merupakan hal pribadi, seharusnya hal itu tidak usah diunggah. "Kalau Anda mengatakan ini kan urusan pribadi saya, kalau urusan pribadimu ya gak usah lah di-posting. Ketika kamu posting berarti apa? Anda seolah-olah mengejek, mengejek larangan Allah bagi orang Islam untuk tidak mengonsumsi babi," kata Gus Miftah.

 

 

Setelah mendapat kecamatan dari warganet, muncul video klarifikasi yang dilakukan Lina. Dia mengaku saat itu sedang kelaparan dan lambung sedang sakit, sehingga memakan apa yang ada di depannya. Dia juga sempat menyinggung, jika makan babi maupun berzina karena keadaan sebagai manusia kadang bisa lupa.

 

"Kecuali di situ ada ajakan untuk makan, kalian boleh boikot aku, aku kan makan sendiri, it's my body, that's all. Aku happy melakukan itu," ucapnya sembari tertawa.

 

Sebelumnya, aktivitas Lina itu sempat dilaporkan oleh Ustadz M Syarif Hidayat ke Unit Siber Polda Sumatra Selatan. Syarif menilai, tindakan Lina merupakan penistaan dan penodaan terhadap ajaran Islam.

 

Dilaporkan ke Polisi

Seperti diketahui TikTokers Lina Mukherjee belakangan ini sedang menjadi sorotan netizen lantaran konten makan babi yang diunggahnya.

 

Konten tersebut berisikan Lina Mukherjee memakan babi dan secara terang-terangan mengucap Bismillah. Tak hanya itu ia mengakui telah melanggar hukum Islam dan semata demi konten.

 

Atas kejadian itu Lina Mukherjee dilaporkan ke polisi oleh Ustadz M Syarif Hidayat dugaan penistaan agama.

 

Lebih lanjut, netizen semakin geram usai Lina melakukan klarifikasi saat melakukan siaran langsung di akun TikToknya.

 

Dalam video klarifikasi tersebut, Lina sama sekali tidak meminta maaf. Ia justru membela diri lantaran mengaku tidak takut kepada Tuhan karena sudah meminta izin sebelum makan babi.

 

 

"Aku enggak pernah takut sama Allah dalam arti gini, kalau makan babi tuh aku enggak ngerasa kayak takut loh, karena aku sudah izin sama Allah dalam hati, 'ya Allah, maaf ya aku pengin nyicip daripada aku mati penasaran'," tuturnya seperti dilansir arahkata.com

 

Netizen pun menyerbu akun TikTok Lina Mukherjee dan menyinggung soal dirinya yang dilaporkan atas dugaan penistaan agama. Banyak dari mereka yang menantikan Lina mengenakan baju tahanan.

Disorot Media Luar Negeri 

Ternyata tidak hanya di tanah air, ulah Lina Mukherjee juga menjadi sorotan media internasional, karena kasusnya makan babi dan menyinggung rukun Islam demi konten yang viral.

 

Lina Mukherjee pun membagikan beberapa media internasional yang memberitakan kontroversinya makan babi di Instagram Story, mulai dari media di China, Hong Kong, Malaysia hingga Singapura.

 

"Masuk TV One, Trans TV udah, beberapa kali TV nasional. Eh sekarang trending di China, Singapore antara gimana Go Internasional kok babi," kata Lina Mukherjee dalam unggahannya, seperti dilansir viva.id, Senin (20/3/2023).

 

Alih-alih merasa bersalah, Lina Mukherjee justru merinding go internasional karena diberitakan oleh sejumlah media luar negeri.

 

Perempuan 32 tahun itu menduga warung makan babi yang dikunjunginya kala itu pasti akan viral dan harga babi pun ikut naik.

 

"Merinding go internasional makan babi. Auto yang jualan babi aku datangin banjir orderan dan harga babi auto mahal," ujarnya.

 

Menurut Lina Mukherjee, makan babi bukanlah tindakan kriminal. Perempuan yang sangat mengidolakan Bollywood ini juga menunjukkan chat teman-temannya yang heran kontroversinya menjadi heboh.

 

"Isi beritanya kenapa karena babi, kan bukan kriminal (mereka kaget) segitu heboh kurang lebih begitu sih. Sampai Hong Kong, China, Singapura timeline aku trending. Apalagi Malaysia, waduh go internasional nyanyi kek, nari. Lah ini babi," ujarnya.

Sebelumnya, Lina Mukherjee juga telah dilaporkan atas dugaan kasus penistaan agama karena sengaja mengonsumsi babi dan menyinggung rukun Islam dalam kontennya.

Disuruh Manajernya?

 

Nama Lina Mukherjee viral di media sosial (Medsos) lantaran dia membuat konten memakan keripik kulit babi. Konten tersebut banjir kecaman publik.

 

Lantas, baru-baru ini viral sebuah video yang mengatakan bahwa Lina Mukherjee makan babi lantaran diminta oleh manajernya.

 

Video tersebut diunggah di akun gosip @viral62com. Di situ tertulis narasi bahwa manajer bernama Firman yang meminta Lina Mukherjee makan keripik babi.

 

"sosok firman, sang manajerlah yg menyuruh Lina Mukherji (Mukherjee) makan b4b1," kata pembuat video disadur Senin (20/03/2023).

 

Dikutip dari suara.com, Admin dari akun itu lantas memberikan keterangan di unggahannya. Seolah kesal dengan pernyataan tersebut. Ia mengatakan Lina Mukherjee bisa saja menolak hal tersebut.

 

"ya kan lu bisa nolak lin," ujarnya.

 

Tanggapan warganet

 

 

Warganet yang melihat unggahan itu lantas ramai memberikan tanggapan. Banyak dari mereka yang menuliskan kalimat nyinyir.

"Kalo managernya suruh dia nyemplung sumur mau juga?," tanyanya.

 

"Bentar.. ini emang dia siapa si ??? Gua 12 tahun di media , gua gak tau dia siapa anjir.. ini gua yg kudet apa emang dia yang..... (gak tau dah)," lanjutnya.

 

"Jgn pd menghujat, biarin aja itu urusan dia dg TuhanNya lbh baek kita perbaiki diri sndr aja yg msh bnyk kekurangan," tuturnya.

 

"divideo itu lu jelas2 bilang kalo inu dilakukan secara kesadaran penuh . artinya gada paksaan . gw sih gak percaya mau managernya nyuruh tetap lu yang salah kan lu yg mengucapkan kata2," jelasnya.

 

"Katanya dengan kesadaran sendiri karena penasaran, kan sudah 3x makan daging B@b1. ," lugasnya.

 

"Manusia di bekali akal dan pikiran... Disuruh mau aja, antara doyan atau dongo," timpalnya.

 

"Emangnya lu bocah apa?? Gak bisa punya suara ??? Kalau memang loe teguh sama Agama loe , harusnya loe tolak lah dengan lantang!!," tegasnya.***