NGERI Kulit Pria Ini Berubah Jadi Biru Gegara Ini, Apa Itu?

(Foto/nbc)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Pria bernama Paul Karason ini kulitnya jadi biru setelah mengonsumsi suplemen kesehatan selama bertahun-tahun. Sosoknya pernah terkenal dan kini muncul kembali. Paul Karason yang menderita berbagai kondisi termasuk dermatitis, mengonsumsi campuran senyawa perak untuk mencegah kulitnya mengelupas. Menurut episode Inside Edition dari tahun 2008, penduduk asli Washington itu juga mulai mengoleskan campuran tersebut ke kulitnya, menyebabkan dia mengalami argyria, sindrom medis langka yang disebabkan keracunan perak dari suplemen makanan.

 Paul yang dikenal sebagai “Manusia Biru” dan “Papa Smurf” karena kulitnya yang kebiruan, mulai meminum campuran koloid perak buatan sendiri setelah membaca iklan di majalah New Age yang mengatakan bahwa itu dapat meningkatkan kesehatan dan peremajaan. Klaim itu tidak terbukti.

Dikutip dari sindonews.com, campuran yang menampilkan ion perak kecil dan partikel nano yang tercampur dalam cairan, menyebabkan kulit Paul berubah warna sepenuhnya. Dia mengakui tidak menyadarinya sampai seorang teman menunjukkannya kepadanya.

 “Seorang teman yang sudah lama tidak melihat saya datang dan bertanya apa yang telah saya lakukan pada diri saya sendiri,” ujar Paul yang lahir dengan kulit putih dan rambut merah, kepada Inside Edition.

Dia menambahkan, memiliki kulit biru menawarkan beberapa keuntungan, termasuk tidak pernah terbakar sinar matahari. Namun, Paul mencatat, dia tidak menikmati tatapan yang dia terima karena terlihat berbeda dari orang lain. 

Tapi secara keseluruhan, ketika ditanya apakah dia bisa kembali seperti dulu, Paul mengatakan dia benar-benar tidak tahu. Pada tahun 2008, dia muncul di acara Today bersama pacarnya Jackie Northrup, yang mendiskusikan reaksinya saat dipanggil “Papa Smurf”.

 Dia berkata, “Itu adalah nama panggilan yang dia tidak hargai, tergantung siapa yang mengatakannya.” 

“Jika itu adalah seorang anak yang berlari ke arahnya sambil berkata 'Papa Smurf', itu akan membuatnya tersenyum. Tapi jika itu orang dewasa, yah...,” ujar dia.

 Beberapa tahun setelah awalnya dikenal, kehidupan pribadi Paul mengalami penurunan. Dia berjuang untuk mencari pekerjaan, putus dengan tunangannya, dan menderita beberapa krisis kesehatan termasuk kanker prostat dan masalah jantung. Setelah kehilangan rumahnya, pada tahun 2012 Paul terpaksa pindah dari Madeira, California, untuk kembali ke kampung halamannya di Bellington, Washington, untuk pindah ke tempat penampungan tunawisma. 

Namun, setelah kembali ke rumah, dia segera bertemu kembali dengan teman sekolahnya Jo Anna Elkins, dan pasangan itu yang kemudian menikah, tinggal bersama. Pada September 2013, Paul Karason meninggal dalam usia 62 tahun di rumah sakit Washington tempat dia dirawat karena pneumonia setelah menderita serangan jantung. Istrinya yang saat itu terasing, Jo Anna Karason, mengatakan kepada pers bahwa dia juga menderita stroke. 

Koloid perak adalah suspensi perak dalam cairan dasar, dalam kasus Paul, air suling. Perak memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan untuk melawan infeksi selama ribuan tahun. Tapi itu tidak digunakan lagi ketika penisilin, yang jauh lebih efektif, dikembangkan. Itu terus digunakan dalam beberapa obat bebas sampai tahun 1999, ketika FDA melarangnya karena menyebabkan argyria, yang merupakan hasil dari reaksi perak dengan cahaya dengan cara yang sama seperti dalam fotografi.***