Ngga Perlu Repot Pakai Bekert atau Lihat Jadwal Imsakiyah Ini 6 Daftar Aplikasi Adzan Lengkap untuk Cek Jadwal Buka Puasa Ramadhan

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Seperti diketahui bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga maghrib sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berpuasa, salah satunya adalah waktu sahur dan buka puasa yang tepat.

Ketika berpuasa, umat Muslim perlu menjaga waktu sahur dan buka puasa agar tidak melewatkan waktu berpuasa atau malah memutuskan puasa secara tidak sengaja. Oleh karena itu, penting untuk memiliki aplikasi azan yang dapat membantu kita mengetahui waktu sahur dan buka puasa secara tepat dan akurat.

Salah satu aplikasi azan yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam mengetahui waktu sahur dan buka puasa.

Dengan aplikasi yang diunduh melalui google playstore angat berguna bagi umat Muslim, seperti jadwal waktu sholat, arah kiblat, doa harian, dan tentunya jadwal waktu sahur dan buka puasa. Fitur jadwal waktu sahur dan buka puasa pada sejumlah apliasi sangat akurat dan dapat disesuaikan dengan lokasi kita saat ini.

6 Aplikasi

Dikutip dari kilat.com,  setiap bulan Ramadan banyak yang  penasaran kapan jadwal buka puasa dan Imsakiyah. Jika Anda ingin melihat jadwal buka puasa dan Imsakiyah Ramadhan 2023, bisa mendownload aplikasi di bawah ini.

Seperti yang diketahui, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2023.

Sebelum memulai puasa, aktivitas rutin yang dilakukan adalah sahur atau makan secukupnya agar tubuh kuat menahan lapar dan haus selama berpuasa.

Jadwal imsak sendiri merupakan waktu dimulainya ibadah puasa, biasanya ditandai dengan dikumandangkannya azan shalat Subuh Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan jadwal Imsakiyah sekaligus jadwal buka puasa Ramadhan.

 

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu bingung untuk memeriksa jadwal imsak dan buka puasa.

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa ini bisa di download secara gratis di layanan Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

1. Athan Pro

Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menentukan awal dan akhir puasa. Tak hanya jadwal Imsakiyah dan buka puasa., pengguna aplikasi ini juga disajikan jadwal waktu shalat secara lengkap.

Fitur lainnya yang bisa menunjang ibadah di bulan Ramadhan adalah bacaan Al Quran yang dapat memudahkan pengguna dalam mengaji.

2. Muslim Go

Aplikasi cek jadwal imsak yang satu ini pun menyediakan jadwal ibadah shalat yang akan diperbarui setiap harinya. Untuk menunjang ibadah di bulan Ramadhan 2023, aplikasi Muslim Go memiliki fitur-fitur seperti kumpulan doa, niat shalat sunnah, serta artikel tentang fiqih dan aqidah. Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi.

3. Muslim Daily: Al Quran, Adzan

Muslim Daily: Al Quran, Adzan menawarkan apapun yang kamu butuhkan agar tidak ketinggalan shalat. Fitur utama aplikasi ini adalah pengingat waktu shalat otomatis dalam format suara adzan digital yang bisa disesuaikan dengan lokasi pengguna.

4. Umma

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi Umma adalah video live streaming siraman rohani dari para ustaz.

Selain itu, bagi pengguna yang ingin belajar Al Quran, aplikasi Umma akan membantu dengan fitur baca Al Quran.

5. Al Quran Indonesia

Sesuai namanya, fitur utama dari aplikasi ini bacaan Al Quran untuk memudahkan pengguna dalam mengaji. Namun selain fitur terkait Al Quran, aplikasi ini juga memiliki fitur jadwal Imsakiyah, jadwal ibadah, dan buka puasa.

Pengguna bisa mendapat notifikasi di layar ponsel ketika telah memasuki waktu shalat, imsak, serta buka puasa.

Notifikasi di aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara azan. Selain itu, Al Quran Indonesia juga punya fitur penunjuk arah kiblat shalat.

6. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro bisa dipakai untuk mengecek jadwal shalat, imsak dan buka puasa di bulan Ramadhan 2023. Tak jauh berbeda dengan aplikasi lain, Muslim Pro juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, Muslim por dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid.  

Jadi kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi itu tidak hanya sebatas menjalankan ibadah puasa Ramadan tapi setelah itu juga bisa digunakan seperti waktu salat dan sebagainya. Selamat menjalankan ibadah puasa.***