Minta Jamaah Menjaga Kesehatan

Afrizal Sintong Buka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP membuka resmi Bimbingan Manasik Haji Tingkat  Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (9/5/2023) di gedung Misran Rais di Jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi. 

Dimana manasik ini diikiuti Jamaah Haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji 1444 Hijriah mendatang. Bimbingan manasik haji di selenggarakan Pemkab Rohil, di ikuti 238 jamaah haji. 

Bupati Rohil dihadapan peserta bimbingan manasik haji ini turut didampingi Wakil Bupati Rohil, H.Sulaiman SS.MH, Kepala Kantor Kemenag Rohil, Drs.H.Naini dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil. 

" Jaga kesehatan, perbanyak latihan fisik, jaga kekompakan, ikuti manasik ini dengan baik dan tingkatkan amal ibadah, bermunajadlah kepada Allah agar dimudahkan urusan hajinya kelak hingga sampai dan kembali dari tanah suci Makjah Al Mukaramah dan Madinah Munawaroh, " ajak Afrizal Sintong. 

Hadir jadi narasumber bimbingan manasik haji Kabid (Kepala Bidang) Haji dari Kantor Wilayah Kementerian Agara Provinsi Riau, Drs.H.Syahrudin Msy dari Pekanbaru. 

Drs.H.Syahrufdin menyampaikan materi Kebijakan pemerintah dalam  penyelenggaraan haji tahun 2023 sebagai pihak pelaksana bimbingan manasik haji di selenggarakan Pemkab Rohil. 

" Bimbingan manasik haji ini untuk tingkat Kabupaten Rohil, " ucap Kabid Haji Kakanwil Riau ini. 

H.Syahudin menambahkan tema kali ini adalah " Wujud haji yang mandiri dan berkwalitas sesuai syariat menuju haji mabrur, " ujar Drs.H.Syahrudin. 

Materi bimbingan haji yang disampaikan Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau ini adalah peran Pemerintah untuk Pembinaan, Pelayanan Dan Perlindungan terhadap jamaah haji. 

" Bimbingan manasik yang kita mulai hari ini, dua kali manasik untuk  Kabupaten dan delapan kali di Kecamatan, " sebutnya. 

" Waktu keberangkatan sudah tidak lama lagi, tergantung kabupaten masing-masing. Tujuan Pemerintah agar bapak, ibu bisa mandiri dengan ilmu manasik yang diberikan, tak obahnya seperti menjalankan ibadah sholat saja, ini harapan kita, " terang Drs.H.Syahrudin. 

Pada musim haji kali ini jamaah termuda adalah Imamm Ma'arif dari Bangko Pusako. Imam Ma'arif kelahiran tanggal 12 April 2004 merupakan  pelajar Kelas XI di SMAN 3 Bangko Pusako. Anak terakhir dari enam bersaudara dari pasangan almarhum Muhammad Noor yang berangkat  mendampingi ibunya Minyem (65) berhaji pada Tahun ini. 

Dan jamaah paling tertua tercatat atas nama Maimu ah (92) dari Kecamatan Pujud Rokan Hilir. 

Kakan Kemenag Rohil, Drs.H.Naini  didampingi Kabag Kesra Setdakab Rohil, H.Hasbullah Hamzah menyebutkan agenda keberangkatan Calon Jamaah Haji Rohil dijadwalkan tanggal 26 Mei 2023 dari Bagan menuju Pekanbaru, dan selanjutnya akan menuju Batam 27 Mei 2023 mendatang. 

" Sesuai harapan Bapak Bupati dan kami semua, kiranya jamaah kita yang berangkat ini agar menjaga kesehatan, stamina, perbanyak latihan fisik, " harap Drs.H.Naini. 

Hingga Selasa (9/5/2023) hari ini jamaah haji yang telah melunasi PNH berjumlah 238 orang dari 271 orang Jamaah Haji, termasuk cadangan. (Infotorial)