Ini Titah Sultan Siak Sri Indrapura Saat Milad 300 Tahun Kesultanan Siak

PEKANBARU (Surya24.com) - Hari ini  Minggu (14/5/2023) merupakan hari bersejarah Kesultanan Siak Sri Indrapura. 

Dimana 300 Tahun  lalu, tepatnya di Tahun 1723, Raja Kecik Sultan Siak Pertama  mendirikan Kerajaan Melayu Siak Sri Indrapura bercorak Islam (Kesultanan). 

Sehingga penerusnya Tengku Nazir, Sultan Siak Sri Indrapura XIII saat Milad Pertamanya ( I ) merefleksikan Milad ini dengan mengeluarkan 5 (lima) Titah Paduka Yang Maha Mulia, Sultan, meliputi: 

1. Sultan sebagai pemilik adat, budaya serta wangsa dan menjalankan fungsi istana Siak sebagai pusat kegiatan adat serta budaya yang mengatur dari kesultanan Siak itu sendiri. 

2. Sultan sebagai kepala daerah yang sepatutnya memimpin dan mengelola pemerintahan istimewa Siak (swa-praja) yang bertanggung jawab atas kesejahteraan dan nasib masyarakat nya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

3. Pendapatan dan penghasilan murni dari daerah yang dihasilkan oleh daerah kesultanan Siak, memberikan tunjangan dan atau hasil imbang bagi hasil dengan pemerintah pusat. 

4. Kesultanan Siak mendapatkan hak untuk mengirimkan utusan golongan/ khusus dari kesultanan Siak yang dilibatkan dalam pengelolaan dipemerintah pusat. Seperti di awal terbentuknya negara kesatuan republik Indonesia, Sultan Siak menjadi Penasehat Presiden RI sesuai dengan bantuan dan sumbangan yang diberikan oleh Kesultanan Siak kepada negara ini mulai dari terbentuknya negara kesatuan RI hingga saat ini. 

5. Kesutanan Siak sepatutnya dihormati dan dan difasilitasi oleh negara dalam menjalankan fungsi pemangku adat dan budaya nya berpedoman pada bab Al kawait yang merupakan hukum adat yang tertinggi dan Titah Sultan Siak merupakan peraturan dan aturan yang dijunjung tinggi oleh siapapun juga. 

Menurut Sultan Siak XIII di wawancarai Media, Minggu (14/5/ 2023) menyampaikan titahnya tersebut. 

Terpisah, Kabag Administrasi Sultan Siak Sri Indrapura XIII Datuk Dr .H. Misri Hasanto, M.Kes membenarkan bahwa Sultan sempena Milad Pertama dan peringatan 300 Kesultanan Siak telah mengeluarkan Titah. 

" Titah Sultan Siak tersebut dibacakan hari ini, Minggu 14 Mei 2023, sempena hari putaran pertama Sultan dan bertepatan dengan 300 Tahun berdirinya Kesultanan Siak, " sebut Datuk Dr.H.Misri Hasanto M Kes, Kabag Umum Kesultanan Siak. (Hy)