Heboh Gegara Alvin Faiz Dituding Jual Tanah Wakaf, Benarkah?

(Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Tanah wakaf adalah tanah yang diberikan untuk kepentingan umum atau kegiatan sosial dalam bentuk wakaf. Wakaf sendiri merupakan konsep yang berasal dari Islam yang mengacu pada amal kebajikan yang diberikan untuk umat manusia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia. Tanah wakaf merupakan salah satu bentuk wakaf yang memiliki peran penting dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat.

Tanah wakaf umumnya diberikan oleh pemilik tanah kepada lembaga wakaf, seperti masjid, pesantren, atau yayasan, untuk digunakan sebagai tempat ibadah, pendidikan, atau kegiatan sosial lainnya. Dalam penggunaannya, tanah wakaf harus memperhatikan syarat-syarat yang ditetapkan dalam agama Islam, seperti tidak boleh dijual atau disewakan, serta harus dikelola dan dimanfaatkan secara produktif.

Tanah wakaf memiliki nilai strategis dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat. Pengelolaan tanah wakaf yang tepat dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, seperti pembangunan sarana dan prasarana umum, pendirian lembaga pendidikan dan kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan menengah.

Tudingan Miring

Dikutip dari insertlive .com,  Alvin Faiz kembali mendapatkan tudingan miring dari salah satu akun Instagram anonim.

Akun dengan nama @opposite6890.bytes tersebut menuding Alvin menjual tanah wakaf yang seharusnya dinikmati oleh masyarakat.

Akun anonim itu juga mengunggah foto map berwarna biru yang memuat keterangan luas tanah 4000 m2 di Desa Cipambuah.

Terlihat pula tulisan wakif dan nazir yang keterangan lebih lanjutnya sengaja disamarkan.

"Tanah Wakaf bukan Tanah Hibah. Tanah Wakaf digunakan untuk mensejahterakan Umat, bukan untuk mensejahterakan Pribadi. Cc. Alvin dan Keluarga," tulis akun tersebut pada Sabtu (4/2).

Sebelumnya, akun dengan nama serupa pernah membuat tudingan bahwa Alvin Faiz berselingkuh dari Larissa Chou saat keduanya masih berstatus suami istri.

Akun tersebut juga melampirkan video CCTV sebuah hotel yang merekam sosok Alvin Faiz tengah di dalam lift untuk menuju sebuah kamar.

Belakangan, Alvin mengakui bahwa dirinya memang pernah berselingkuh dari Larissa sekali. Ia mengklaim perbuatan itu adalah bentuk balas dendam kepada Larissa yang tidak mau menunaikan kewajibannya sebagai istri.

Selain itu, akun ini juga pernah menuding Alvin Faiz menggelapkan dana umat alias dana untuk Pesantren Az Zikra untuk keperluan pribadi.

Namun, untuk tudingan penggelapan dana umat, Alvin Faiz pernah membantah hingga akhirnya mundur dari jabatannya sebagai pemimpin pesantren peninggalan mendiang Ustaz Arifin Ilham tersebut.***