Rohil Tampil Di Pekan Tekhnologi Tepat Guna Nusantara ke XXIV Di Bandar Lampung

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Pekan Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2023 kali ini dilaksanakan di Bandar Lampung, Rabu (7/6/ 2023) yang dihadiri seluruh Kabupaten dan Kota Se- Indonesia. 

Pekan Teknologi Tepat Guna (TTG) ini dibuka resmi Menteri Desa PDT, DR.(HC) Drs.A.Halim Iskandar.MPd dan turut didampingi Dirjend Pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes, Sugito.S.Sos.MH. 

Dalam sambutannya, Menteri Desa DPT, DR.(HC) A.Halim Iskandar MPd menyebutkan bahwa saat sekarang kemajuan Tekhnolosi Tepat Guna atau TTG terus ditingkatkan disegala bidang dan lini. 

Dengan menerapkan berbagai teknologi mutahir agar berupaya mengolah berbagai hal yang dapat kembali di daur ulang, misalnya limbah atau sampah sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat memberikan pendapatan untuk Desa. 

" Bagaimana desa memiliki pendapatan dengan memanfaatkan proses daur ulang, dari awalnya tidak berguna, jadi berguna mampu menjadi pendapatan desa, inilah TTG dengan inovasi kreaktif, " tegas Menteri ini di hadapan seluruh utusan Kabupaten dan Kota dari seluruh Indonesia di Bandar Lampung. 

Dalam Pekan TTG Nusantara Tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Riau mendapat kesempatan Pengisian Stand Pameran dengan utusan Rohil dan Siak di ajang tersebut. 

Dimana stand pameran ini turut didampingi dan di isi oleh Stand Kabupaten Rohil dan Kabupaten Siak. 

Kadis PMD Rohil, Yandra Msi dihubungi melalui saluran seluler, Rabu (7/6/2023) menyebutkan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan Pemerintah  Provinsi Riau dan dukungan penuh dari Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP, sehingga Stand Rohil menampilkan alat mesin Pakan Multi Fungsi (PMF) yang ditampilkan Gunawan dari Kecamatan Pekaitan. 

" Rohil bersama Siak diberikan kesempatan tampil dengan stand disini, sambutan pengunjung sangat antusias dan luar biasa, " aku Yandra yang didampingi Kabid Desa Dinas PMD Rohil, Tarmizi.S.Sos yang turut bersama mendampingi Gunawan inovator TTG Mesin Multi Fungsi dari Kecamatan Pekaitan Rohil ini. 

" Dari Kabupaten Rokan menampilkan Mesin Pakan Multi fungsi, inovator TTG kita, bahkan Bapak Dirjend Pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes RI, Sugito S Sos.MH berpesan kiranya Pemerintah Kabupaten, melalui Dinas PMD untuk monitoring dan evaluasi setiap progres pekerjaan Bantuan Desa Wisata di Kepenghuluan Tanjung Medan Kecamatan Tanjung Medan dengan Pola Swa Kelola yang sudah disediakan dananya, " terang Yandra MSi. 

Kadis PMD Rohil ini juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP yang senantiasa memberikan arahan bimbingan dan support untuk mensukseskan program-program inovasi untuk program memajukan desa di Rohil, sehingga Rohil mampu tampil di iven Nasional ini dengan mesin Pakan Multi Fungsi tersebut. (Hy)