Kulit Kepala Gatal? Jangan Risau Ini 10 Cara Mengatasinya Ngga Pake Ribet

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Memang permasalahan kulit kepala gatal merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang. Sensasi gatal ini dapat sangat mengganggu  kenyamanan kita sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami penyebabnya, mengidentifikasi gejala yang mungkin timbul, dan menerapkan perawatan yang tepat.

Perawatan Kulit Kepala Gatal

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit kepala gatal:

Gunakan sampo anti-ketombe: Pilih sampo yang mengandung bahan aktif seperti selenium sulfida, ketoconazole, atau pirition zinc untuk membantu mengendalikan pertumbuhan ragi penyebab ketombe. Gunakan sampo ini secara teratur sesuai petunjuk.

Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala: Cuci rambut secara teratur dengan sampo yang cocok untuk jenis rambut Anda. Hindari penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia keras yang dapat menyebabkan iritasi kulit kepala

    Hindari penggunaan produk rambut yang berlebihan: Penggunaan produk rambut seperti gel, mousse, atau semprotan dapat menyebabkan penumpukan

10 Cara 

Seperti diketahui rasa gatalnya sering bikin susah fokus dan ingin sekali digaruk. Padahal, mungkin saat itu kamu sedang melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, misalnya bekerja atau sedang presentasi di depan klien penting. Kalau sering menggaruk kulit kepala pasti bisa terlihat nggak profesional banget kan?

Dikutip dari merdeka.com, kamu termasuk salah satu sering mengalami hal ini? Jangan jadi dilema terlalu lama, yuk temukan cara mengatasinya yang paling ampuh. Ternyata gampang banget dan bisa dicoba sendiri di rumah!

Ciri Kulit Kepala Sehat: Bebas Gatal

Kesehatan kulit kepala jadi hal yang penting untuk menunjang pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Lalu seperti apa sih ciri kulit kepala yang sehat itu sendiri?

Ada beberapa tanda yang bisa jadi indikatornya, mulai dari tidak terasa gatal, tidak memiliki ketome, bebas jerawat pada kulit kepala, dan rambut bisa tumbuh subur dan berkilau alami.

Kulit kepala yang terasa gatal sendiri sebenarnya hal yang wajar. Namun, kamu perlu waspada jika rasa gatalnya tidak tertahankan atau bahkan tak kunjung hilang. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda kalau ada masalah pada kulit kepala yang harus segera diatasi.

Memahami Penyebab Kulit Kepala Gatal?

Jika mengalami masalah gatal pada kulit kepala, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami penyebab kondisi yang kamu alami tersebut. Jadi, kamu bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini. Secara umum, kulit kepala yang terasa gatal berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa hal.

1. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kehilangan kelembapan alaminya akan mengalami kondisi kering dan mudah terkelupas 4 kali lebih cepat daripada dalam kondisi normal. Keadaan mengelupas yang cepat ini kemudian memicu iritasi dan rasa gatal pada kulit kepala.

2. Ketombe

Munculnya ketombe juga bisa menyebabkan sensasi gatal yang dialami pada kulit kepala. Ketombe muncul karena pertumbuhan jamur malassezia dalam batas lebih dari normal dan menyebabkan timbulnya serpihan putih di kulit kepala dan rasa gatal yang luar biasa.

3. Penggunaan Produk Hair Styling Berlebihan

Pemakaian produk penataan rambut berlebihan dapat menyebabkan penumpukan di kulit kepala. Jika jarang keramas atau keramasnya kurang bersih, hal ini bisa menyebabkan residu menumpuk yang memicu pori-pori tersumbat sehingga kulit kepala jadi terasa gatal.

4. Kutu Rambut

Kehadiran kutu rambut juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal karena kebiasaan berjalan dan mengisap darah yang dilakukan.

Setelah memahami penyebab gatalnya kulit kepala yang kamu alami, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan perawatan kulit kepala rutin untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

 

1. Hentikan Kebiasaan Menggaruk

Kalau mengalami masalah kulit kepala yang terasa gatal berlebihan, pasti nggak tahan banget buat menggaruknya. Biarpun bisa bikin lega sesaat, tapi sebaiknya hentikan kebiasaan yang satu ini karena dapat memperparah kondisi kulit kepala kamu, lho.

Garukan yang dilakukan ternyata bisa memicu kulit kepala iritasi, lecet, atau malah luka. Bukannya menyembuhkan, malah menambah masalah kulit kepala. Pastinya nggak ingin hal ini terjadi kan? Jadi, cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala saat terasa gatal.

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Jika masalah kulit kepala yang terasa gatal ini diikuti dengan munculnya serpihan putih, tandanya hal tersebut disebabkan oleh munculnya ketombe. Nah, cara mengatasi rasa gatal yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe yang memiliki formula ampuh.

Dilansir dari Cosmetic Science And Technology, ada beberapa bahan yang dikenal dapat mengatasi ketombe dengan jitu. Misalnya saja zinc, selenium sulfida, asam salisilat dan sulfur yang dapat membersihkan kulit kepala. Selain itu, ada juga beberapa kandungan antijamur yang bisa jadi andalan seperti zinc pyrithione, natrium xylenesulfonate, dimetikon dan zinc karbonat.

Kenali bahan-bahan apa saja yang dapat membantu mengatasi ketombe untuk mengusir masalah kulit kepala tersebut sehingga terbebas dari rasa gatal yang mengganggu.

3. Perawatan dengan Minyak Alami

Kalau rasa gatal yang terjadi karena kondisi kulit kepala yang kering, maka perawatan dengan minyak alami jadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan melakukan oil treatment menggunakan minyak kelapa yang memiliki sensasi dingin saat bersentuhan dengan kulit. Jadi, dapat membantu menenangkan kulit kepala yang iritasi dan mengelupas. Minyak kelapa juga mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut.

Selain dengan minyak kelapa, kamu juga bisa mencoba tea tree oil yang memang manfaatnya sudah dikenal untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Bahan yang satu ini juga mengandung zat antijamur sehingga sangat baik untuk merawat kulit kepala yang berketombe.

4. Perhatikan Cara Keramas yang Benar

Biarpun sudah menggunakan shampo anti ketombe yang tepat untuk menutrisi rambut, tapi faktor lain yang juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal adalah kebiasaan keramas yang salah. Coba cek dulu, sudahkah kamu menerapkan cara keramas yang benar?

Mulailah dari mengatur jadwal keramas, idealnya 3-4 kali dalam seminggu. Terlalu sering keramas bisa mengikis kelembapan alami kulit kepala yang menyebabkan kondisinya jadi kering dan terasa gatal. Selain itu, step by step keramas juga perlu diperhatikan.

Pastikan takaran shampo yang digunakan sudah pas, tergantung dengan banyaknya rambut. Lakukan keramas dari bagian atas dan depan kepala dulu, setelah itu lanjutkan ke bagian belakang dan kepala. Bilas rambut dengan air minimal 30 detik. Saat membilas, lakukan gerakan sambil menyisir rambut dengan jari agar air bisa membersihkan sisa shampo dengan maksimal. Ingatlah, residu atau sisa shampo yang menumpuk bisa jadi pemicu rasa gatal juga.

5. Manfaatkan Gel Lidah Buaya

Bukan rahasia lagi kalau lidah buaya dikenal dengan manfaatnya untuk kecantikan, nggak terkecuali untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Saat mengalami masalah kulit kepala gatal, kamu bisa melakukan treatment dengan gel lidah buaya yang dikenal memiliki kandungan antibakteri untuk melawan bakteri yang berkembang biak di area tersebut.

 

Nggak hanya itu saja, jika mengalami masalah kulit kepala kering dan iritasi, gel lidah buaya juga dapat bekerja dengan menenangkan kondisi tersebut. Cara mengaplikasikannya mudah banget, ambil gelnya dan usapkan merata pada kulit kepala yang mengalami iritasi. Diamkan selama 10-20 menit, bilas hingga bersih.

6. Gunakan Obat Kutu Rambut

Kalau masalah kulit kepala gatal masih belum terpecahkan solusinya, cobalah minta keluarga atau orang terdekat untuk mengecek jejak kutu rambut di kepala. Salah satu tanda yang paling terlihat adalah adanya telur kutu di rambut. Telur ini berbeda dengan ketombe. Jika ketombe merupakan serpihan yang mudah rontok, telur kutu justru menempel pada rambut dan susah dihilangkan jika tidak ditarik.

Kalau mengalami ciri-ciri rambut berkutu seperti ini, nggak ada salahnya untuk mencoba perawatan dengan obat kutu rambut untuk menyingkirkannya dengan segera. Jangan lupa baca aturan pakai terlebih dulu agar penggunaannya bisa maksimal, ya!

7. Perhatikan Penggunaan Produk Styling Rambut

Penggunaan produk styling rambut juga bisa menjadi salah satu penyebab rasa gatal pada kulit kepala. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Yang pertama adalah produk memiliki formula yang kurang tepat, misalnya bikin kulit kepala kering atau cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga menyebabkan ketombe dan muncul rasa gatal.

Kemungkinan lainnya adalah penggunaan wax, gel, hair spray atau produk styling lainnya secara berlebihan yang menyebabkan penumpukan residu pada kulit kepala. Jika ini yang terjadi, saatnya cobalah untuk menghentikan sementara penggunaan berbagai produk tersebut. Ibaratnya kamu sedang melakukan detoksifikasi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran menumpuk yang memicu rasa gatal.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi juga bisa jadi salah satu pemicu kulit kepala terasa gatal, lho. Saat dehidrasi, tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan kondisi kulit jadi kering, nggak terkecuali kulit kepala.

Jika kebutuhan cairannya nggak terpenuhi dengan baik, kulit kepala bisa mengalami kondisi sangat kering, mengelupas, hingga iritasi yang tentu saja memicu rasa gatal dan nggak nyaman.

Jadi, penting banget nih memperhatikan kebutuhan air putih harian. Idealnya, minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Nggak hanya menjaga kelembapan kulit kepala saja, tapi juga mendukung metabolisme tubuh dan kesehatan secara menyeluruh. Jangan malas untuk minum secara rutin dan bawa botol air putih saat beraktivitas di luar rumah, ya!

9. Gunakan Masker Rambut

Perawatan dengan masker rambut alami juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit kepala gatal yang mudah dilakukan di rumah. Misalnya dengan membuat sendiri masker alpukat yang dikenal kaya kandungan Omega 3 untuk menutrisi kulit kepala dan meningkatkan kekebalannya.

Cara membuat masker ini mudah banget. Keruk daging buah alpukat yang sudah matang, haluskan. Tambahkan beberapa tetes madu dan aduk hingga rata. Aplikasikan pada kulit kepala secara merata sambil memberikan pijatan lembut. Bungkus kepala dengan handuk yang direndam dalam air panas sebelumnya, diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih.

Selain alpukat, ada lagi bahan lain yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya kombinasi masker yoghurt dan lemon yang sangat baik untuk merawat kulit kepala kering. Yoghurt memiliki kandungan untuk melembapkan rambut, sementara lemon sendiri kaya antioksidan dan juga dapat bekerja sebagai antibakteri untuk mencegah pertumbuhan bakteri di kulit kepala.

Campurkan 3 sdm Greek yogurt dan air perasan lemon, aduk hingga merata. Selanjutnya, gunakan pada kulit kepala secara merata sambil dipijat lembut. Diamkan 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

10. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tahu nggak kalau makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala? Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah munculnya ketombe yang menyebabkan gatal, misalnya saja makanan pedas yang bisa memicu keringat dan minyak menumpuk di kulit kepala. Selain itu, makanan berminyak dan berlemak sebaiknya juga dihindari karena bisa memicu kulit kepala memproduksi minyak berlebihan dan jadi ladang pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa memicu rasa gatal.

Mulai sekarang, cobalah beralih pada makanan yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Misalnya saja telur yang kaya protein dan zat besi untuk meningkatkan sistem pertahanan rambut. Daging merah yang kaya zat besi juga baik dikonsumsi karena dapat membantu penyerapan nutrisi lain untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Jangan lewatkan juga sayuran hijau yang menjadi sumber vitamin A dan C untuk menutrisi kulit agar terbebas dari rasa kering.

 

Jika mengalami masalah kulit kepala gatal, beberapa tips perawatan di atas bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut. Selamat mencoba ya!***