Mau Jualan di Rumah? Dua Resep Ini Bisa Jadi Andalan Buru Cuan

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)-Untuk membuka usaha kuliner terkadang memang membutuhkan modal besar, tempat yang satrategis dan sebagainya. Namun kamu tidak bisa befrkecil, karena rumah juga bisa dijadikan tempat berjualan makanan. Bisa dipastikan kamu tidak perlu mengeluarkan anggaran atau dana untuk menyewa tempat.

Nah untuk ide jualan rumahan kali ini tidak ada salahnya kamu coba dua resep ini. Pertama adalah sop buah adalah salah satu dessert yang terbuat dari berbagai macam buah, terdapat alpukat, semangka, melon, nangka, buah naga, apel, mangga, dan melon. 

Sop buah ala Singapura

Dikutip dari kompas.com, sop buah diberi es serut kemudian sirop, sari kelapa, jelly dan kelapa muda sebagai tambahan. Resep kali ini akan membuat sop buah ala Singapura, bisa untuk ide jualan takjil saat bulan Ramadan atau saat dimusim kemarau seperti ini.

Simak resep sop buah berikut ini, dikutip dari buku "Sop Buah Segar Pelepas Dahaga" (2020) karya Rostiawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Baca juga: Resep Sop Buah Tropikana, Praktis untuk Hidangan Penutup Tahun Baruan

Resep sop buah ala Singapura 

Bahan: 

150 gram buah naga, potong-potong 100 gram 

sari kelapa warna merah 100 gram j

elly bentuk buah-buahan, siap pakai 

1 butir kelapa muda, keruk memanjang 100 gram nangka, potong-potong 

350 ml minuman yoghurt rasa stroberi

 Sirop lychee secukupnya 

Susu kental manis secukupnya 

Es serut secukupnya 

Cara membuat sop buah ala Singapura: 

1. Letakkan dan susun ke dalam mangkuk atau gelas saji buah naga, sari kelapa, jelly, kelapa muda, dan nangka. Tuang minuman yoghurt dan sirop. 

2. Tuang susu kental manis dan es serut. 

3. Sajikan. 

Tahu Pop

Setelah resep pertama berupa sop buah ala Singapura. Sesep kedua yang tidak ada salahnya menjadi andalan kamu mencari cuan, yakni tahu pop.

Ya, tahu adalah bahan makanan yang praktis bisa diolah menjadi berbagai camilan, seperti tahu pop berikut ini. 

Tahu pop dibuat dari tahu pong, bawang putih, garam, merica hitam bubuk, cajun seasoning, air, tepung beras ketan, tepung maizena, tepung terigu, dan cabai bubuk. Tahu pop bisa disajikan bersama saus pencelup terbuat dari campuran mustard, mayones, dan peterseli cincang. 

Simak resep tahu pong renyah untuk ide jualan, dikutip dari buku "Kuliner Populer: Tempe Tahu" (2018) karya Tim Primarasa terbitan Gaya Favorit Press. 

Resep tahu pop 

Bahan: 

700 gram tahu pong 

4 siung bawang putih, haluskan 

4 sdt garam 

2 sdt merica hitam bubuk 

1 1/2 sdt cajun seasoning 

300 ml air Minyak goreng 

25 gram tepung beras ketan 

25 gram tepung maizena 

75 gram tepung terigu 

Cabai bubuk

untuk taburan 

Saus pencelup (campur jadi satu): 

1 sdt mustard 

2 sdm mayones 

1 sdt peterseli cincang 

Cara membuat tahu pop: 

1. Potong-potong tahu pong bentuk dadu satu setengah sentimeter, sisihkan. Campur dalam mangkuk bawang putih, garam, merica hitam, cajun seasoning, dan air, aduk rata. 

2. Masukkan potongan tahu ke dalam campuran bumbu, aduk hingga seluruh tahu berlumur bumbu. Sisihkan selama kurang lebih 30 menit. 

3. Panaskan minyak yang banyak dalam panci deep fry. Campur tepung beras ketan, tepung maizena, dan tepung terigu dalam plastik besar. Masukkan potongan tahu ke dalam plastik, kocok-kocok sampai seluruh tahu berlumur tepung. 

4. Goreng tahu dalam minyak panas secara bertahap hingga matang, mengembung dan renyah. Angkat, tiriskan.

 5. Taruh tahu goreng di atas piring atau wadah saji, taburi cabai bubuk. Hidangkan selagi hangat dengan saus pencelup. 

Nah itu dua resep yang layak kamu coba untuk memulai bisnis kuliner rumahan yang menjanjikan keuntungan. Selamat mencoba