Untuk Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Melalui Aplikasi, Komisi III Lakukan Diskusi Bersama DPMPTSP Prov. Riau

PEKANBAR (Surya24.com) - Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis menggali informasi ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau di Pekanbaru terkait Efektivitas Perizinan dengan menggunakan Aplikasi Mobile dan Berbasis web di MPP Pekanbaru, Jumat (16/06/2023).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis Surya Budiman menyampaikan dengan adanya diskusi ini dapat menambah wawasan kita dalam meningkatkan perizinan masyarakat melalui aplikasi berbasis Web.

Pihak Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau melalui T. Fazly Redwan menjelaskan terkait perizinan berbasis web, Kabupaten Bengkalis menjadi angka tertinggi di Provinsi riau dalam pelayanannya namun ada daerah yang masih susah dalam mengakses web disebabkan jaringan yang tidak mendukung seperti di daerah Rupat.

Dan terkait dengan NPWP, setiap pelaku usaha yang membuka cabang di masing-masing daerah untuk melaporkan usahanya dan membuka kantor usahanya sesuai dengan Perbuk yang sudah ditetapkan.

Horas Sitorus selaku Anggota Komisi III juga mengatakan dalam hal pengurusan NPWP masih banyak pelaku usaha yang tidak taat dalam membayar pajak, tentunya perlu dorongan kita bersama untuk mengajak masyarakat membayar pajak untuk kemajuan pembangunan daerah Kabupaten Bengkalis yang lebih baik lagi kedepannya.

"Saya berharap dengan adanya pelayanan web ini bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi untuk mengurus perizinan yang dibutuhkan masyarakat karena tidak semua masyarakat bisa berinteraksi dengan sosial media seperti di daerah yang susah dijangkau jaringannya, dalam hal itu perlu menjadi pertimbangan kita juga," ungkapnya.

T. Fazly Redwan menjelaskan fungsi dari web ini mempermudah masyarakat dalam membuat perizinan namun ada beberapa hal yang harus datang langsung ke kantor dengan melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah dilampirkan

Diakhir pertemuan, Surya Budiman mengucapkan terima kasih kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau yang telah menyampaikan beberapa informasi seputar perizinan untuk mempermudah masyarakat dalam membuat perizinan tanpa harus datang ke kantor.

"Kita perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terhadap program-program yang dibentuk oleh pemerintah supaya masyarakat mengetahuinya karena masih banyak masyarakat yang ketinggalan informasi, perlu perhatian kita bersama dalam mendorong daerah agar lebih maju dan meningkatkan PAD Kabupaten Bengkalis," tutupnya.(rls)