Bupati Sambut Rohil Tamu Bakar Tongkang 2023

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong menjemput kedatangan Gubri, Danrem, Dan Lanal Dumai, Kejati, Ketua DPRD anggota III DPR RI, Kepala OJK, Kadis Pariwisata Riau, Kadispora Inhu, Walikota Pekanbaru, Kepala KPN, para Diriktur Polda Riau di landasan Hellipat Batu 6 Bagansiapiapi, Selasa (4/6/2023). 

Setelah makanan siang, rombongan melihat Kelenteng Ing Hok King yang baru saja direnovasi dan diresmikan beberapa hari lalu. 

Bupati,Afrizal Sintong menyebutkan Bakar Tongkang  berhasil menarik wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Rohil. 

" Bakar Tongkang ini berkat kerja sama seluruh unsur Forkopimda dan elemen masyarakat sehingga berjalan lancar dan sukses karena sinergi dan kerjasama yang baik, " ucap Afrizal Sintong. 

Bupati Rohil ini menyampaikan kehadiran tamu dan helat pulang kampung perantauan keturunan Tionghua ke kampung halamanya di Bagansiapiapi memberikan dampak positif ekonomi lokal, di sektor perhotelan, kuliner, jasa angkutan dan jual beli di pasaran meningkat, " katanya. 

Sementara itu, Gubernur Riau, Drs.H.Syamsuar Msi menyebutkan acara Bakar Tongkang sempat tertunda saat pandemi covid terjadi. 

" Tahun ini kembali dilaksanakan, banyak orang perantauan asal Tionghua Bagansiapiapi pulang kampung menghadirinya, " ucap Gubri. 

Gubri menekankan acara Bakar Tongkang menjadi agenda Wisata Nasional lalu meminta Bupati Rohil untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat dengan ivent tersebut. 

"Saat ini, ekonomi kreatif telah menjadi gerakan nasional, dan dengan adanya acara Bakar Tongkang, kita berharap dapat melahirkan pelaku-pelaku ekonomi baru," ujarnya penuh harapan. (Hy)