Merajut Potensi Kepenghuluan Melalui BUMKep,

Kadis PMD Rohil : Provinsi Riau Sediakan 200 Juta Untuk Support Modal Kepada BUMKep

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau taja Coffe Morning Merajut Potensi Kepenghuluan Melalui Badan Usaha Milik Kepenghuluan (BUMKep) di Gedung Serba Guna Misran Rais Bagansiapiapi. Kamis (12/3/2020).

Turut hadir Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Kadis PMD H Yandra MSi, Kasdim 0321 Mayor Inf Sumarno, Camat, Lurah dan Penghulu dan Kepala BUMKep.

Bupati Rohil H Suyatno  menyebutkan agar Penghulu sebagai perpanjangan tangan pemerintahan di desa atau Kepenghuluan harus piawai, jeli dan transparan dalam perencanaan dan melibatkan semua komponen masyarakat Kepenghuluan, sehingga Badan Usaha Milik Kepenghuluan berjalan  mampu menggerakan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Rokan Hilir H Yandra MSi menyebutkan acara ini pertama di gelar Dinas PMD," Data terakhir 2019,  159 BUM Kepenghuluan di setiap Desa, " Ucapnya.

Selaku Kepala Dinas PMD Rohil, H Yandra menghimbau dan mengajak untuk bersinergi menjalankan usaha melalui BUM Kepenghuluan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.

"Karena Provinsi Riau menyediakan modal 200 juta untuk support modal kepada BUM Kepenghuluan, " Sebut Kadis PMD ini.

Untuk pencerahan pada acara coffe morning Kamis (12/3/2020) Dinas PMD Rokan Hilir mendatangkan H Achmad Madani dari Yayasan Santri yang akan menyalurkan bantuan modal berbentuk sembako, renovasi tempat usaha 8 X 12 Meter dengan konsep mini market dan ber AC.

" Konsep mini market pertama di Cianjur, kalau jadi konsep ini Rokan Hilir yang kedua khusus sembako , " Ucap H Yandra MSi  berharap 159 BUM.

Kepenghuluan yang ada  giat bersinergi menjalankan usaha di Kepenghuluan masing-masing.

H Yandra juga tegas menyebutkan yang bandal,yang bermasalah akan di bina dan ditegur, " Himbauan kami bekerjalah dengan baik,ikuti aturan,transparan dan akuntable, " Ujarnya sembari mengatakan dengan bekerja sesuai aturan, transparan,integritas dan disiplin akan melahirkan pekerjaan yang bersih. (Suhendra)