Jangan Anggap Remeh iPhone Super Langka Ini, Ternyata Laku Rp2,8 M Penasaran Seperti Apa Bentuknya?

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)- Apple memang berencana untuk mengeluarkan iPhone terbaru mereka iPhone 15 pada akhir tahun ini. Diperkirakan iPhone 15 ini akan lebih mahal dari iPhone 14 lantaran menggunakan teknologi terbaru.

Memang sangat lumrah, jika harga smartphone terbaru akan lebih mahal dari yang lama. Tapi nampaknya hal ini tidak berlaku pada iPhone lawas satu ini.

Mengutip okezone.com, sebuah iPhone lawas generasi pertama 4 giga berhasil terjual dengan angka fantastis sebesar USD190.327 atau mencapai Rp2,8 miliar di balai lelang LCG Auctions. Angka tersebut sangat fantastis mengingat iPhone generasi pertama hanya dijual di angka USD599 atau waktu itu sekitar Rp5,4 juta.

Angka penjualan tersebut juga langsung mematahkan rekor sebelumnya yang terjadi pada Februari 2023. Waktu itu ponsel yang nyaris sama terjual di angka USD63.356 atau sekitar Rp947,5 juta.

Hanya saja menurut Digital Trends ada satu faktor yang membuat iPhone tersebut jadi barang yang sangat langka. Ternyata iPhone yang terjual sebesar Rp2,8 miliar itu adalah iPhone generasi pertama yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 4 Giga.

Apple diketahui sempat merilis iPhone generasi pertama 4 Giga itu dalam jumlah terbatas. Hanya saja karena penjualan yang kecil, akhirnya iPhone generasi pertama 4 giga itu langsung disuntik mati alias tidak diproduksi lagi. Padahal saat itu iPhone generasi pertama 4 giga dijual lebih murah yakni USD499 atau sekitar Rp4,4 juta.

Apple kemudian mengalihkan seluruh produksi iPhone generasi pertama dalam satu tipe saja yakni iPhone generasi pertama 8 giga. “Ponsel yang kami tawarkan ini adalah model 4GB keluaran pertama yang sangat langka, disegel pabrik, dalam kondisi luar biasa,” kata LCG Auctions di situs resmi mereka.

“Kondisinya tanpa cela karena masih segel pabrik.Merek baru, tidak pernah diaktifkan,” sambung LCG Auctions lagi.

Mereka mengatakan ponsel tersebut didapat dari orang dalam Apple sendiri. Tepatnya orang yang pernah bekerja di divisi teknik Apple saat iPhone generasi pertama dirilis. LCG Auctions meyakini ponsel tersebut merupakan barang yang sangat langka dan akan sulit ditemukan lagi ke depannya.

Proses lelang sendiri diketahui diikuti oleh 28 orang. Menariknya puluhan orang tersebut memang mengirimkan jumlah tawaran yang sangat besar hingga akhirnya sampai di angka Rp2,8 miliar.***