Review Mazda CX-60 Resmi Mengaspal di Indonesia Berikut Spesifikasi dan Harga

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)- Eurokars Mazda Indonesia (EMI) meluncurkan mobil SUV baru, Mazda CX-60, Rabu (26/7/2023) ini. Mobil ini jadi angin segar di tengah era elektrifikasi yang semakin marak dan mesin-mesin mobil konvensional yang semakin kecil.

 Masyarakat Indonesia saat ini memang tidak punya banyak pilihan akibat semakin mahalnya harga bahan bakar dan tuntutan kesadaran lingkungan yang tinggi. Tidak heran jika akhirnya banyak dari mereka lebih memilih mobil-mobil dengan mesin kecil dan mobil listrik. 

"Kita berbeda, kita mau ajak masyarakat untuk merasakan kualitas yang mobil kami miliki. Esensi dari mobil itu adalah drive. Kalau enggak drive, esensi mobil sama saja seperti naik kendaraan umum," jelas Ricky Thyo, Managing Director PT EMI sebagaimana dilansir sindonews.com.

 Dia bahkan mengatakan Mazda CX-60 akan jadi mobil flagship buat Mazda. Artinya mobil yang harganya paling mahal dibanding Mazda lain itu bahkan akan jadi kebanggaan perusahaan otomotif yang berbasis di Hiroshima, Jepang.

Satu hal yang paling mencolok memang adalah tenaga. Mobil ini memang seolah meledek mobil-mobil listrik dan mobil-mobil bermesin kecil. Mazda CX-60 yang menyapa masyarakat Indonesia itu dilengkapi dengan mesin enam silinder sejajar dengan kapasitas 3,3 liter. 

Mesin itu kemudian dipadukan dengan teknologi mild-hybrid berkapasitas 48V. Mesin tersebut bisa menggelontorkan tenaga yang sangat menggoda yakni 284 PS di kitiran 5.000 RPM serta torsi maksimal 450 Nm di kitiran 2.000 RPM. 

Seluruh tenaga dan torsi tersebut dikirimkan ke sistem penggerak empat roda permanen khas Mazda melalui transmisi otomatis delapan percepatan. Tentu saja hal itu akan membuat siapa saja yang mengemudikan Mazda CX-60 merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

"Kenapa orang-orang senang beli Ferrari karena mereka senang akan tenaganya dan juga dinamiknya. Nah konsep Mazda CX-60 seperti itu," ucap Ricky Thio. 

Seperti Ferrari, Mazda CX-60 memang memiliki desain yang sangat indah. Mobil SUV tersebut sudah mengadopsi desain Mazda generasi ketujuh yang membuatnya jauh berbeda dengan mobil Mazda yang dijual di Indonesia saat ini. 

Mobil ini juga model pertama Mazda yang dibangun di atas Arsitektur Skyactiv Multi-Solution Scalable dengan tata letak mesin depan memanjang. Dalam hal kit, CX-60 spek Singapura hadir standar dengan roda 20 inci (dengan ban profil 235/50), lampu depan LED adaptif, pintu belakang bertenaga dengan akses bebas genggam, sunroof panoramik geser bertenaga, 12,3- kluster instrumen digital inci, layar head-up yang diproyeksikan kaca depan, layar infotainment 12,3 inci (dengan kabel Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel), sistem suara Bose 12-speaker, jok kulit, entri tanpa kunci dan start serta bertenaga kursi depan. 

Sedangkan untuk sistem bantuan keselamatan dan pengemudi, SUV ini dilengkapi dengan sensor parkir depan dan belakang, tujuh kantung udara, bantuan penjaga jalur, peringatan keberangkatan jalur, monitor titik buta, peringatan lalu lintas depan dan belakang, kamera 360 derajat dengan tembus pandang. view, pengereman darurat otonom depan dan belakang, serta cruise control adaptif. 

Filosofi Jinba Ittai 

Menjelang perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan depan, sejumlah pabrikan sudah mencuri start dengan melansir produk anyar. Salah satunya Mazda, melalui PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, meluncurkan SUV terbarunya All-New Mazda CX-60. “All-New Mazda CX-60 yang dibekali dengan berbagai fitur terbaru yang belum ada di produk Mazda yang dipasarkan sebelumnya. Tampil elegan dengan performa tinggi dan ramah lingkungan akan memenuhi kebutuhan berkendara yang dinamis bagi para penggemar SUV kelas premium yang ada di Indonesia,”ujar Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio di Jakarta Rabu (26/7). 

All-New Mazda CX-60 lahir dengan filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, The Perfect Jinba-Ittai. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi. Ideologi Jinba-Ittai yang telah berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara dan memikat para penggemar mobil di seluruh dunia. 

Jinba-Ittai juga telah menjadi bagian dari perjalanan panjang Mazda dalam pengembangan berbagai model kendaraan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan. Ricky Thio mengatakan, desain Mazda CX-60, sarat dengan cerminan budaya dan lahir dari filosofi estetika Jepang yang unik.

 Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, menjadikan All-New Mazda CX-60 sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai, hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi, terutama hubungan dalam aspek keselamatan dan kenyamanan. 

“Fokus kami tidak hanya sebuah estetika saja, namun juga tentang DNA Mazda yang berakar pada harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar,”ujarnya. 

All-New Mazda CX-60 menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System) yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm, yang selain memberikan performa maksimal juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. 

Perkembangan terbaru pada desain Kodo ini dipadukan dengan ketangguhan arsitektur SUV dengan layout FR (front engine, rear wheel drive). Kehadirannya di pasar Indonesia disajikan dalam satu varian platform roda penggerak, yaitu All Wheel Drive (AWD) dengan setelan i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak. All-New Mazda CX-60 memiliki fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.

 Mode tersebut dapat dialihkan dari Normal ke Sport hingga Off-road yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan kebutuhannya. Mazda juga menyematkan Kinematic Posture Control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara. All-New Mazda CX-60 juga memiliki transmisi 8-speed automatic yang terbaru sehingga memberikan distribusi tenaga yang merata serta semakin meningkatkan pengalaman berkendaranya. 

GM Marketing & Communications Eurokars Motor Indonesia Pramita Sari menambahkan CX-60 masuk pasar Indonesia dalam dua edisi, yaitu Kuro Edition dan Elite Edition. 

“Kami berharap keseluruhan teknologi dan performa yang masih mempertahankan karakter desain yang elegan serta aksen aerodinamis pada sisi samping mobil, dapat tepat menambah kesan sporty dan elegan untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya, cocok untuk customer dengan karakter Independent Achiever,”sebutnya. 

Dua Varian

Mengutip tempo.co, untuk fitur pencahayaan CX-60 sudah LED dengan DRL serta automatic levelling dan Auto On/Off sedang lampu belakang juga sudah LED. Pada spion juga terdapat pengaturan dan pelipat otomotis.

Selanjutanya untuk wiper depan juga dilengkapi sensor hujan, dan bagai belakang juga dibuka secara otomatis tanpa pakai tangan, dan panoramic sunroof yang bisa dibuka otomatis juga.

Pada fitur keselamatan sudah ditanamkan rem ABS dengan EBD (Electronic Brake Distribution) dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control (TC), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), sensor parkir depan-belakang, dan kamera 360 derajat.

Terdapat juga airbags dual front, curtain & side, knee (driver side), Side-impact door beams, high-mount stop lamp, collapsible steering shaft, injury-minimizing brake pedal, dan neck injury mitigation front seats.

Mazda juga menyediakan sistem keselamatan lain seperti aktif i-Activesense yang terdiri dari Adaptive LED Headlamp (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart Brake Support (SBS) & Forward Obstruction Warning (FOW), Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Cruising & Traffic Support (CTS), dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Urusan kaki-kaki, Mazda memakai suspensi depan jenis Double wishbone sedang belakang pakai Multi-link. Velg pakai ukuran 19x7 inci berbahan aluminium dengan finishing Blackl Metallic yang dibalut ban 235/50R20.

Di Indonesia CX-60 memakai mesin 6-silinder segaris 3.283 cc DOHC 24 valve Turbocharger dengan teknologi Mild Hybrid yang disebut M Hybrid Boost (MHEV48). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 280 dk/5.000-6.000 rpm dan torsi puncak 450 Nm/2.000-3.500 rpm.

Untuk penggeraknya hanya tersedia All-Wheel Drive (AWD) saja. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi 8-speed yang dilengkapi dengan pilihan mode berkendara.

Mazda CX-60 di Indonesia ditawarkan dalam dua varian, yaitu Kuro dan Elite. Elite jadi varian yang lebih kalem dan elegan, sedangkan untuk Kuro, membawa aura sporty dengan perbedaan grille, velg, dan interior antara kedua varian. Meski begitu, Mazda menjual SUV ini mulai Rp 1.188.800.000 untuk OTR Jakarta.***