Pertontonkan sikap Arogan

Penunjukan Langsung Kadus Pulau Tinggi di Kecam Warga

Ilustrasi

KAMPAR (Surya24.Com) - Warga Dusun 3 Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Menilai sikap Kepala Desa Muhamad Yasir dalam menangkat kepala dusun secara sepihak mendapat kecaman warga.

Pemilihannya dianggap mempertontonkan sikap arogan kepada warga sendiri dan itu merupakan sikap yang tak semestinya diperlihatkan. Dikarenakan, warga sudah tahu  bahwa kewenangan kades dalam menunjuk kepala Dusun, namun demi menciptakan ketenangan dan kedamaian di tengah masyarakat kenapa tak diserahkan kepada masyarakat dalam memilihnya, hal tersebut disampaikan oleh Kiram (45) yang di jumpain di rumahnya Minggu (15/03/2020).

Ditambahkannya, sikap yang tak mencermikan jiwa pemimpin tersebut di perlihatkannya saat warga Dusun 3 mempertanyakan kepada kades terkait status jabatan kepala dusun 3 yang dijabat oleh Agus Salim. Dimana pada saat itu masa jabatannya sebagai Kepala Dusun sudah berakhir, namun belum juga diumumkan dan untuk kembali dilakukan pemilihan.

Bertepatan sebelum melaksanakan sholat fardu Jumat, kades meminta waktu dan seketika itu juga langsung mengumumkan status kepala dusun 3, dengan menangkat kembali Agus Salim sebagai kepala Dusun 3.

Mendengar pernyataan tersebut warga merasa kecewa, sebab selama Desa Pulau Tinggi berdiri belum pernah kedes langsung yang memilih kadus, akan tetapi diserahkan kepada masyatakat. Namun saat Kades dijabat oleh M.Yasir semua langsung berubah.

Lanjutnya,Sikap kades yang arogan dan tak menghargai kearifan lokal yang ada, tentu ini merupakan sebuah sikap yang tak semestinya diperlihatkan di depan masyarakat, sebab masyarakat udah tahu kalau itu merupakan kewenangan Kades, namun demi untuk menjaga kerukunan dan kedamaian di tengah masyarakat ada baiknya persoalan tersebut diserahkan saja kepada masyarakat.

"Dalam hal ini kami yang tergambung dalam barisan warga masyarakat dusun 3 akan mengirim surat kepada Camat selaku pihak yang melakukan pembinaan dan pengawasan agar memanggil kades dan menbatalkan pengangkatan kadus secara sepihak, serta meminta agar pemilihan kadus diadakan secara demokrasi dan diserahkan kepada warga", papar Kiram.(hasbi)