BPJS Kesehatan Dumai Giat Media Gathering Bersama Wartawan

Foto: Kepala BPJS Kesehatan Kota Dumai, Bernat Sibarani (pakai baju coklat) memberi sambutan pada giat Media Gathering bersama awak media, Rabu (30/8) pagi di The Zuri Hotel.

DUMAI (Surya24.com) – Untuk menjalin kemitraan yang kuat, BPJS Kesehatan Kota Dumai adakan giat Media Gathering bersama awak media, Rabu (30/8/2023) pagi, di The Zuri Hotel Jalan Sudirman. Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Cabang Bernat Sibarani menjelaskan, sangat perlu instansi BPJS Kesehatan lakukan kemitraan yang baik dengan media agar kinerja instansi tersebut bisa diketahui masyarakat lewat media massa. “BPJS Kesehatan bukan pekerjaan kecil. Kami perlu media untuk memberitakan kinerja kami,” ucap Bernat Sibarani. 

Mantan Kanca BPJS Kesehatan Kota Sibolga ini juga ucapkan terimakasih kepada rekan wartawan yang telah hadir. Selanjutnya, pria yang baru hitungan bulan menjabat Pimpinan Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Dumai paparkan materi seputar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Bernat juga mengatakan cukup banyak program yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan tapi banyak masyarakat yang belum memahami apa saja program yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan tersebut. 

Bernat juga menyebutkan, saat ini, ada beberapa rumah sakit yang minta kerjasama dengan BBJS Kesehatan, namun masih dalam evaluasi, karena banyak pihak Rumah Sakit yang belum melayani peserta BPJS dengan baik. 

" Kalau ada perlakuan yang tidak baik kepada peserta BPJS Kesehatan kami akan evaluasi kerjasama dengan rumah sakit itu. Karena kami sudah membayar setiap klaim pihak dari rumah sakit ke kami. Jika sudah di klaim 15 hari kedepan kami harus bayar. Tapi ada pula rumah sakit yang menunda laporan sehingga bukan kesalahan kami kalau pembayaran jadi terlambat, " ujarnya. 

Terkait adanya masyarakat masa kontrak kerjanya dibawah 6 bulan, Bernat mengatakan BPJS Kesehatan tak bisa memaksakan untuk mengikuti masuk peserta BPJS Kesehatan kecuali kontaknya diatas 6 bulan. 

Sementara itu, Mohammad Fachri Irfan Kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan Pemeriksaan menjelaskan mengenai peserta yang melakukan tunggakan belum ada pemutihan tunggakan peserta meski akan beralih ke peserta tanggungan oleh perusahaan atau oleh pemerintah dan tunggakan menjadi tanggungjawab peserta. 

" Setelah tunggakan dilakukan pelunasan atau dibayarkan kepesertaannya langsung aktif kembali, " katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Dumai Bambang Hendriyanto mengucapkan terimakasih atas undangan media gathering dari BPJS Kesehatan Kota Dumai tersebut. 

“Biasanya media gathering dilangsungkan secara virtual saat Pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. Sejak Pandemi jadi endemik, baru kali ini BPJS Kesehatan adakan media gathering bertatap muka langsung,” kata Bambang Hendriyanto biasa disapa Bambang Rio. 

" Semoga dengan media gathering ini kemitraan kita semakin baik kedepannya,” harap Rio menutup sambutan. 

Hadir dari pihak BPJS Kesehatan Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Dumai Bernat Sibarani, S.Kom., MM., AAK., CDCS., Kabag Humas M Syafriadi, SH., Kabag Perencanaan Keuangan dan Pemeriksaan dan Kabag lainnya. Sementara dari media hadir Ketua PWI Dumai Bambang Hendriyanto, Penasehat PWI Dumai Kambali dan awak media lainnya.(cu)