Kadin Dumai Gelar Syukuran HUT ke-55 Tahun

Koperasi KAGUM Melakukan MoU dengan Kadin Dumai dan Koperasi KETAN

Ketua Kadin Kota Dumai, Zulfan Ismaini, SH, memotong Tumpeng HUT KADIN ke 55 Tahun, pelaksanaan di Gedung Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh Dumai Timur, Ahad (24/9/2023) malam.

DUMAI (Surya24.com) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai menghadiri syukuran HUT Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ke-55 tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kadin Dumai di Gedung Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh, Kelurahan Teluk Binjai, Kota Dumai, Minggu (24/09/2023), pukul 20.00 WIB. 

Pada acara tersebut diundang Koperasi dari negara Malaysia dan Kota Dumai yakni, Koperasi Guru-guru Melayu Melaka (KAGUM), BAGUS dan Izin Rezeki Entreprise, serta Koperasi Ekonomi Teknologi Agro Niaga (KETAN). 

Ketua Kadin Kota Dumai, Zulfan Ismaini, S.H menyampaikan, sesuai UU No 1 tahun 1987, bahwa Kadin adalah mitra sejajar dengan pemerintah dalam hal ekonomi, maka kemitraan yang dibangun Kadin Dumai dengan Pemko sudah dalam memberikan manfaat kepada Pemko Dumai. 

"Mudah-mudahan sinergitas yang diberikan Kadin Dumai semakin maksimal dengan semangat membangun kebersamaan untuk kekuatan," ucap Zulfan. 

Zulfan menjelaskan bahwa, Kadin Kota Dumai sebagai mitra nya pemerintah telah melakukan pengembangan ekonomi di Kota Dumai. 

Sementara itu En. Abdul Aziz bin Baba yang merupakan Ketua Kagum dari Melaka mengucapkan tahniah kepada Kadin yang saat ini berulang tahun ke-55 tahun. 

"Semoga moment ulang tahun ini membawa sukses dan kejayaan yang gemilang untuk Kota Dumai khususnya," ucap En. Abdul Azis. 

Lebih lanjut En. Abdul Azis berharap hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia yang baik ini akan menjadi agenda yang bermakna, untuk memastikan hubungan kerja sama dalam membangun ekonomi masing-masing negara selepas pandemi Covid-19. 

"Semoga hubungan kerja sama yang mesra antara Indonesia dan Malaysia ini, bisa menjadi agenda yang bermakna dalam membangun ekonomi negara masing-masing, selepas pandemi Covid-19," tutupnya. 

Ketua Kadin Provinsi Riau Masuri, S.H menyampaikan, sesungguhnya Kadin adalah satu-satunya organisasi yang dilahirkan secara undang-undang dan Kadin adalah induk dari semua dunia usaha baik itu asosiasi, perusahaan negara, perusahaan daerah, perusahaan swasta, sampai ke tingkat UMKM. 

"Kadin adalah satu-satunya organisasi yang dilahirkan secara undang-undang dan Kadin merupakan induk dari segala dunia usaha," ucapnya. 

Masuri, S.H juga menyampaikan, dengan bertambahnya usia Kadin ini, tidak membuat kita merasa puas, namun justru bertambahnya usia Kadin menjadi tantangan buat Kadin untuk berbuat bagi bangsa dan negara.

"Kita efisiensi waktu agar kita maju dengan satu visi dan misi yang sama dari kabupaten/kota, provinsi sampai ke pusat," tutup Masuri. 

Sementara itu Pemko Dumai yang diwakili oleh Sekretaris Daerah  (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan, S.IP., M.Si dalam kata sambutannya mengatakan, Kadin merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendorong pergerakan dunia usaha, dengan peran tersebut, Kadin memiliki tanggung jawab untuk mendorong perbaikan iklim investasi di daerah nya. 

"Kadin selalu diharapkan untuk dapat tanggap terhadap dinamika yang berkembang di masyarakat, agar setiap gerak pembangunan dapat dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," ucap Sekda Dumai ini. 

H Indra Gunawan, S.IP., M.Si berharap para pengusaha sangat dianjurkan bergabung dalam keanggotaan Kadin, sebagaimana diatur dalam Kepres No 17 tahun 2010 tentang AD/ART Kadin. 

"Dengan bergabungnya pengusaha dalam keanggotaan Kadin, pemberdayaan ekonomi masyarakat lebih dapat ditingkatkan, sehingga dunia usaha memiliki daya saing yang lebih tinggi," ujarnya. 

Pemerintah bersama dengan Kadin harus bekerja sama agar dapat memperkuat sektor UKM dan UMKM yang ada, sehingga dapat mendukung pengusaha lokal untuk mampu bersaing. 

Sementara itu, Hj Rokiah Adnan selaku Direktor Citra Semerbak Sdn Bhd hadir pada kesempatan itu yang membawa rombongan Koperasi Guru-guru Melayu Melaka (KAGUM) ini ke Kota Dumai untuk melakukan Kerjasama Perdagangan dan kerjasama lainnya dengan KADIN dan Koperasi Ekonomi Teknologi Agro Niaga (KETAN). 

Acara selanjutnya : 

• Pemberian cindera hati kepada : 

1. KAGUM Berhad dan BAGUS Berhad kepada Walikota Dumai. 

2. KADIN Dumai kepada KAGUM Berhad dan BAGUS Berhad. 

3. KAGUM Berhad kepada Koperasi Ekonomi Teknologi Agro Niaga (KETAN) oleh Ridwan Safri. 

4. KADIN kepada Universitas Dumai. 

5. Izin Rezeki Entreprise
kepada KADIN Kota Dumai. 

• Penandatangan MoU : 

1. KADIN Dumai dengan Universitas Dumai (UNIDUM) oleh Rektor dan Ketua KADIN Dumai, disaksikan oleh Sekda Kota Dumai.(cu)