GALERI DINAS PENDIDIKAN KOTA DUMAI

Disdikbud Dumai Gelar Pentas Budaya Multi Etnis di Kecamatan Dumai Selatan

Foto: Asisten II Pemko Dumai, anggota DPRD Dumai, Kepala Disdikbud Kota Dumai melepas Balon tanda dibukanya Pentas Budaya Multi Etnis di Kecamatan Dumai Selatan, Jum'at (17/11/2023).

DUMAI (Surya24.com)– Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) adakan pagelaran kegiatan Pentas Budaya Multi Etnis dan Stand  Pameran, khusunya di kecamatan Dumai Selatan. 

Pentas Budaya yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut itu diadakan di Lapangan samping SMK Taruna Bukit Timah. Kegiatan Pentas Budaya Multi Etnis secara resmi dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemko Dumai, Syahrinaldi, Jumat (17/11) sore. 

Syahrinaldi apresiasi sekali dengan semarak
kegiatan pentas budaya multi etnis yang ditaja Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Dumai. 

”Kegiatan pentas budaya multi etnis sangat kita support dan tolong terus berlanjut serta dijadwalkan dengan merangkul semua budaya dan etnis yang ada di Kota Dumai. Terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Disdikbud beserta jajarannya dengan persiapan gelaran yang sangat luar biasa istimewa untuk kesuksesan acara ini,” ujar Syahrinaldi. 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan itu menyampaikan, kegiatan pentas budaya multi etnis bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar suku yang ada di Kota Dumai. Selain itu terciptanya kekompakan dan kerukunan serta tingginya toleransi yang dapat hidup berdampingan dalam keberagaman. 

Festival ini juga untuk mengisi kegiatan anak-anak muda generasi penerus bangsa sebagai pelaku seni dan budaya dalam meneruskan eksistensi berkesenian di era globalisasi ini sehingga kesenian tetap terus dilestarikan serta sebagai penangkal pengaruh negatif dari budaya asing yang mengikis kesenian tradisional. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai Hj Yusmanidar SSos MSi menyebutkan pentas budaya multi etnis juga memperkenalkan produk UMKM yang mencakup jajanan dan makanan khas dari suku etnis yang ditampilkan mulai 17 November hingga 19 November 2023 diharapkan dapat saling menguntungkan berbagai pihak serta menarik minat pengunjung sehingga berkembang pula UMKM dan roda perekonomian masyarakat. 

” Masyarakat dapat melihat berbagai kesenian dan stand pameran yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Dumai,” ujar Yusmanidar. 

Kadisdikbud menambahkan berbagai jenis budaya yang ditampilkan antara lain penampilan Reog, Teater, Tari Tor-Tor, Joged Sonde, Rumah Kreasi, Tari Zapin Kreasi, Tari Lemak Manis, Sanggar Pinang Sebatang, Musik Zapin Tradisi, Silat Pasang Parang, Silat Putra, Tari Piring, Drama Multi Etnis, Lomba Azan, Lomba Tahfiz, Lomba Dai, Silat Pasang Tanggam, Musikalisasi Puisi (Smait Bazma), Gendang Silat, Rebana (Annisa), Rebana Syiar Islam, Akris (Marawis). 

Selain itu ada Doorprize bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan, karcis tersebut pada saat penutupan pentas budaya nanti akan diundi oleh panitia. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Ikatan Suku dan Etnis se-Kota Dumai, anggota DPRD Kota Dumai, Hasrizal dan Sutrisno, perwakilan perusahaan, Camat dan Lurah se Kecamatan Dumai Selatan, ketua sanggar serta undangan lainnya. Kemeriahan acara ini sangat dirasakan masyarakat yang memadati kegiatan tersebut dengan berbagai penampilan seni budaya dan Stand Pameran.(Disdikbud Kota Dumai)