Pertamina SMEXPO 2023 Pekanbaru Sukses, UMKM Raup Omset Hingga Rp130 Juta

Manager ECSR Area South PHR WK Rokan Wan Dedi Yudishtira, bersama CEO Rumah Muda BUMN Dian Pratomo saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Desain Produk pada penutupan Acara Pertamina SMEXPO 2023, di Pekanbaru, Minggu (19/11/2023).

PEKANBARU (Surya24.com) – Pameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru, Riau berlangsung sukses dan lancar. Sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Rumah BUMN dan Pertamina Grup berhasil meraup total omset lebih dari Rp130 Juta. 

SMEXPO 2023 yang berlangsung di Atrium Utama Mal Living World, pada 15 hingga 19 November 2023 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan penuh Pertamina dalam memajukan UMKM Lokal. Mengusung tema “Melangkah dari Lokal ke Global", SMEXPO 2023 membuka kesempatan bagi pelaku UMKM lokal memperkenalkan produknya secara luas.  

“Pertamina SMEXPO merupakan bentuk nyata dari komitmen Pertamina terhadap pilar-pilar keberlanjutan, terutama dalam mengimplementasikan program pembinaan sebagai bagian inklusif dari Pertamina Sustainable Economy,” kata CEO Rumah Muda BUMN Dian Pratomo, Senin (20/11/2023). 

Melalui sejumlah kegiatan workshop, pelaku UMKM diberi kesempatan untuk membangun jaringan sesama UMKM. Mulai dari berbagi kisah inspiratif untuk saling memotivasi serta menambah ilmu kiat-kiat meningkatkan kualitas produk, mengenali pangsa pasar hingga pemasaran lewat teknologi digital. 

SMEXPO 2023 sekaligus menjadi ajang mempertemukan UMKM dengan calon pembeli. Bukan hanya masyarakat umum, tapi juga datang dari pebisnis pariwisata, perusahaan hingga turis mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya Memorandum Of Understanding (MoU) untuk kemajuan bersama antara UMKM binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR ) Graha Pratama Fish dengan perusahaan tour and travel Kampung Patin Tour. 

Kerja sama keduanya meliputi penyediaan paket wisata edukasi perikanan khas Kampung Patin, hingga pelatihan perikanan terpadu mulai dari budi daya, pengelolaan pakan hingga pengolahan hasil perikanan. 

Kerja sama di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga terjalin antara Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al Mubarok binaan PHR dengan Fakultas Studi Islam, Universitas Muhammadiyah Riau.  

UMKM binaan Pertamina dan Rumah BUMN turut mendapat dukungan penuh dari Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang siap memberikan pelatihan pengembangan aplikasi pemasaran media digital kepada UMKM. 

“Pertamina SMEXPO 2023 juga memberi ruang bagi UMKM inklusi atau komunitas disabilitas yang kami disebut Sobat Istimewa, Ini dilakukan untuk mengapresiasi kreatifitas dalam bentuk karya dan prestasi sobat istimewa kita yang dituangkan dalam berbagai produk unggulan,” ucap Dian.   

Lima hari pelaksanaan pameran UMKM, pengunjung baik lokal maupun wisatawan mancanegara tampak antusias mengunjungi booth UMKM binaan Rumah BUMN dan Pertamina Grup. 

SMEXPO 2023 juga memberikan kesempatan bagi Perwira dan Pertiwi (pekerja) berkontribusi dalam mendukung UMKM Lokal agar naik kelas. Lewat Program Pertamina Got Talent lomba Desain Aplikasi dan Desain Produk, pekerja Pertamina memberikan karya-karya terbaiknya guna mendorong UMKM segera memanfaatkan peluang pemasaran lewat media digital. 

Adapun para pemenang lomba untuk Desain Aplikasi yakni Lamdamastra Arliyanto dan Dian Syarif Nasution. Keduanya menciptakan aplikasi untuk membantu menghubungkan pelaku UMKM dengan konsumen. Sedangkan lomba Desain Produk dimenangkan oleh Rita Kusrina dan Rachmad Haidir Marbun. 

Pj Wali Kota Pekanbaru, melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Mahyudin menyampaikan apresiasi kepada Pertamina dan Rumah BUMN atas komitmennya dalam mendukung pengembangan UMKM lokal baik di Pekanbaru maupun di Provinsi Riau pada umumnya. 

“Terima kasih kepada Pertamina yang sudah memberikan kontribusi nyata terhadap UMKM lokal. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” katanya. 

Pemko Pekanbaru berharap UMKM yang sudah mendapat pembinaan dari Pertamina terus mengembangkan potensinya dan tidak mudah menyerah. UMKM didorong terus berinovasi memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran agar bisa menembus pasar internasional. 

“Kami Pemko Pekanbaru juga berusaha bagaimana UMKM di Pekanbaru berkembang dan maju. Di tahun ini, kami telah memberikan program bantuan subsidi bunga bantuan bagi pelaku UMKM melalui dana APBD. Inilah bentuk perhatian Pemko Pekanbaru agar ekonomi masyarakat terus bergerak,” tukasnya.

Pertamina SMEXPO diiktui 30 UMKM binaan sejumlah anak perusahaan Pertamina dan Rumah BUMN dari berbagai kategori seperti produk fesyen, makanan dan minuman, furniture, kriya dan agrobisnis.   

Acara SMEXPO diisi dengan berbagai kegiatan dan terbuka untuk umum seperti dialog bisnis, pelatihan, marketplace, fashion show yang ditampilkan siswa SMKN 3 Pekanbaru, workshop pembuatan kerajinan lidi sawit dan ecoprinting dan banyak hiburan lainnya: live music dari artis ibu kota dan yang tak kalah menarik yakni festival dan kompetisi kopi.(cu)