Sultan Siak XIII, Tengku Nazir Adakan Silaturahmi dengan DPW Perindo Riau

PEKANBARU (Surya24.com) - Sultan Siak Sri Indrapura XIII bersilaturahmi dengan pengurus Partai Perindo DPW Riau di Jalan Cemara Gobah Pekanbaru, Rabu (9/3/ 2023) Jam 15.00 WIB hingga 16.30 WIB. 

Sultan Siak, Tengku Nazir didampingi Datuk Panglima PADAN (Pasukan Dewan Adat) Riau, Datuk Khairuddin Al-Young Riau dan rombongan. 

Kedatangan Sultan Siak Seri Indra Pura XIII disambut Ketua Perindo DPW Riau, Syed Abu Bakar Assegaf dan jajaran pengurus lainnya. 

Prosesi Silaturahim ini diawali sambut  Pencak Silat, dimana rombongan Sultan Siak diiringi dan disambut Kompang sebagai tradisi adat penyambutan tamu. 

Hal ini disampaikan Datuk Dr.H.Misri Hasanto M.Kes Kabag Adm Sultan Siak XIII di Pekanbaru (9/3/ 2023). 

" Acara ini merupakan pembicaraan awal tentang rencana Milad Perdana Kesultanan Siak XIII yang jatuh tanggal 14 Mei 2023 yang akan datang, " ucap Datuk Dr.H.Misri Hasanto.M.Kes. 

" Juga dalam hal penyampaian pokok pokok pikiran Sultan Siak XIII untuk memajukan adat Budaya Melayu Kesultanan Siak, " tambahnya. 

Menurut Datuk Dr.H.Misri Hasanto.M.Kes adapun silaturahim ini Sultan Siak akan menyampaikan pokok pokok pikirannya dalam memperjuangkan Hak-hak masyarakat Adat Siak dan merebut kembali Daerah Istimewa (Swapraja) Siak yang pernah ada sejak tahun 1950 yang lalu. 

Kabag Administrasi Kesultanan Siak XIII, Datuk Dr.H. Misri Hasanto M.Kes menyebutkan kepada awak media tentang pokok-pokok pikiran Sultan SiakTengku Nazir ini. 

Sementara itu Ketua Perindo DPW Riau  Syed Abu Bakar Assegaf dan segenap pengurus Perindo lainya menyatakan siap menerima Sultan Siak XIII, bahwa pertemuan ini tidak membicarakan agenda politik, namun berkaitan dengan Komitmen Perindo membantu Sultan Siak XIII dalam pemajuan Adat dan Budayu Melayu Kesultanan Siak, sehingga Siak Sri Indrapura dapat sebagai pusat Adat dan Budaya Melayu di Riau dan Kepulauan Riau. 

Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) DPW Riau melalui Datok Dr H Misri Hasanto M.Kes dan Datok H Yan Faizal menyatakan siap mendukung dan membantu Sultan Siak XIII demi suksesnya acara Milad Perdana Kesultanan Siak Sri Indrapura XIII ini. 

" Karena sesuai dengan amanah Ketua Umum DPP LKPASI Datuk Juanda agar LKPASI DPW Riau harus siap membantu perjuangan Sultan Siak untuk memperjuangkan hak- hak masyarakat Adat pada Kesultanan Siak sesuai dengan PP Nomor 18 tahun 2021, " ujar Datuk Dr.H.Misri Hasanto.M Kes.(Hy)