GALERI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA DUMAI

Festival Pentas Budaya Multi Etnis Kecamatan Dumai Selatan Secara Resmi Ditutup

Sekda Kota Dumai, H Indra Gunawan menutup secara resmi Festival Pentas Budaya Multi Etnis dan Anak Idaman di Kecamatan Dumai Selatan yang ditaja oleh Disdikbud Kota Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Festival Pentas Budaya Multi Etnis dan Anak Idaman di Kecamatan Dumai Selatan yang ditaja oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai secara resmi ditutup oleh Walikota Dumai diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan. 

Penutupan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu malam (19/11/2023) sekitar pukul 08.00 WIB di lapangan terbuka RT 12 Jalan Abdul Rab Khan Kelurahan Bukit Timah. 

Sebelum ditutup secara resmi, acara Festival Pentas Seni Budaya Multi Etnis Dumai Selatan dan Festival Anak Idaman dibuka dengan pembacaan do'a oleh ketua LPMK Nurzulkifli SHI dari Kelurahan Bukit Timah. 

Dilanjutkan dengan kata sambutan Camat Dumai Selatan Wahyu Wicaksono SIP MSi dan kata sambutan Sekda Kota Dumai H Indra Gunawan mewakili Walikota Dumai. 

Camat Dumai Selatan menyampaikan, kegiatan acara ini sudah dipersiapkan dari awal sampai dengan hari dan malam ini. 

"Terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh panitia serta masyarakat kecamatan Dumai Selatan. Alhamdulillah dengan jerih payah kita bersama pada akhirnya acara Festival Pentas Seni Budaya Multi Etnis Dumai Selatan dan Festival Anak Idaman sukses terlaksana", ujar Wahyu Wicaksono SIP MSi. 

Selanjutnya Wahyu Wicaksono SIP MSi juga mengucapkan terima kasih kepada Sekda Dumai beserta istri yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir bersama - sama masyarakat kecamatan Dumai Selatan. 

Masih dalam sambutannya, Camat Wahyu Wicaksono SIP MSi juga melaporkan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam Festival Dumai Selatan. Festival Dumai Selatan ini di inisiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 

Camat Dumai Selatan berharap kepada Walikota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya karena masyarakat Dumai Selatan memang butuh hiburan - hiburan seperti ini. Begitu juga pelaku UMKM yang ada di kecamatan Dumai Selatan ini bisa mengenalkan produk - produk yang ada. 

"Festival ini telah dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 19 November 2023. Alhamdulillah untuk tampil pada event ini terdaftar jumlah peserta dari beragam suku etnis, sanggar seni maupun sekolah yang ada di 5 (lima) kelurahan. Selain itu juga di laksanakan kegiatan perlombaan festival anak idaman. Insya Allah akan selalu kita laksanakan setiap tahunnya sebagai implementasi dari arahan Walikota Dumai dan juga sebagai bentuk pendidikan terutama pada usia 6 sampai 12 tahun", sebut Camat Dumai Selatan. 

Sementara Sekda Dumai H Indra Gunawan dalam sambutannya menyampaikan salam dan maaf dari Walikota Dumai H Paisal SKM MARS karena pada saat yang bersamaan ada agenda di tempat lain. 

"Festival Dumai Selatan ini merupakan rangkaian dalam program sebelumnya dimana kegiatan Pemko Dumai ini sudah terlaksanakan hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Dumai. Alhamdulillah pada malam hari ini kita sukses melaksanakan program yang direncanakan karena selain menjadi sebuah prestasi kegiatan ini juga akan menjadi sebuah kebanggaan kita semua. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, Festival Dumai Selatan ini secara resmi saya tutup", ucap Sekda Dumai ditandai dengan menyalakan kembang api. 

Adapun bidang pendidikan yang diperlombakan pada Festival Anak Idaman kali ini adalah lomba Adzan, Da'i Cilik dan Hifzhil Juz 30 yang dilaksanakan di Mesjid Ji'rona. 

Perlombaan tersebut diumumkan langsung oleh Sekretaris Dewan Hakim Afminorizal SThI. 

Lomba Adzan
- Juara 1 diraih oleh Salman Alfarizi dengan nilai 91,5 dari kelurahan Bukit Datuk.
- Juara 2 diraih oleh Raizil Irham dengan nilai  87 dari kelurahan Mekar Sari.
- Juara 3 diraih oleh Aidil Zikri dengan nilai 86 dari kelurahan Ratu Sima. 

Lomba Da'i Cilik
- Juara 1 dimenangkan oleh Ghibran Al Fatih dengan nilai 91,5 dari kelurahan Bukit Datuk.
- Juara 2 dimenangkan oleh Fitri Alisha dengan nilai 90 dari kelurahan Bukit Datuk.
- Juara 3 dimenangkan oleh Sasha Nafilah dengan nilai 89,5 dari kelurahan Bukit Timah. 

Lomba Hifzhil Juz 30
- Juara 1 dimenangkan oleh Dzaki Sultanul A dengan nilai 95 dari kelurahan Ratu Sima.
- Juara 2 dimenangkan oleh M Tsakib Awwab dengan nilai 94 dari kelurahan Ratu Sima.
- Juara 3 dimenangkan oleh Keysha Az-Zahra dengan nilai 93,5 dari kelurahan Bukit Timah. 

Usai diumumkan, para pemenang lomba mendapat piala, piagam dan hadiah yang diberikan simbolis oleh Sekda Dumai, Camat Dumai Selatan, Anggota DPRD Kota Dumai, ketua LAMR Dumai Selatan, Kapolsek Dumai Selatan dan Lurah yang hadir serta diakhiri dengan foto bersama.(Disdikbud Kota Dumai)