Kadin Dumai Expo 2023 Secara Resmi Dibuka Wali Kota Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Wali Kota Dumai, H Paisal SKM MARS membuka secara resmi Kadin Dumai Expo 2023. Pelaksanaan Kadin Dumai Expo ini diadakan di Citimall Dumai, dimulai dari tanggal 13 Desember 2023 hingga 15 Desember 2023. 

Ketua Panitia Pelaksana, Annora Arsan, SE, MH mengatakan, Kadin Dumai Expo ini diikuti oleh 15 Stan Pameran, ada yang dari Malaysia, Pekanbaru dan Kota Dumai. 

" Kadin Dumai Expo ini, selain pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kita adakan juga lomba Fashion Show dan mewarnai yang diikuti oleh anak-anak Sekolah TK, " ujar Annora Arsan, Rabu (13/12/2023) saat pembukaan Kadin Dumai Expo 2023. 

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Dumai, Zulfan Ismaini, SH mengatakan Kadin Dumai Expo 2023 ini adalah busines Matching dan perdana diadakan di kota Dumai. 

Dikatakan Zulfan, Business matching, sebuah bisnis, koneksi yang merupakan salah satu modal penting untuk menambah koneksi dan menambah wawasan serta peluang bisnis baru. 

Dari relasi bisnis, dapat belajar tren baru hingga saling bertukar pikiran yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk mengembangkan bisnis. 

Zulfan juga menerangkan bahwa Kamar Dagang dan Industri atau disingkat KADIN, adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Organisasi ini didirikan pada 24 September 1968 dan diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri. 

Pada kesempatan itu, Dewan Pertimbangan Kadin Pusat, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, tumbuhnya UMKM tidak terlepas dari peran dan dukungan Pemerintah. 

" Posisi Dumai sangat menentukan karena Dumai termasuk yang memiliki peran yang cukup besar di Riau dengan telah adanya jalan Tol dari Provinsi ke daerah. Kita juga di DPR RI ikut berjuang agar perekonomian kita semakin membaik, " katanya. 

Walikota Dumai, H Paisal SKM, MARS sangat mengapresiasi program Kadin Dumai, Provinsi Riau dan Kadin Pusat. " Dulu Dumai ada ekspor dan impor sembako, kita harap kedepan Pemerintah akan membuka lagi peluang tersebut. Kita sudah sondingkan juga ke pusat, karena regulasi ada di Pemerintah Pusat, "ujar Wali Kota Dumai. 

H Paisal berharap pelaku usaha tetap semangat, apalagi UMKM banyak dikelola oleh ibu-ibu yang punya kemampuan untuk berkontribusi buat ekonomi keluarga. 

" Saat ini ada SMK Negeri di Dumai yang bisa membuat roti dan busana, kita harap Kadin tolong tampung dan bina usaha ini. Kita akan bersinergi dengan semua sektor dengan pertumbuhan kuliner juga akan memberi hasil terbaik. Selain itu, kita juga ada sektor pertanian yang bisa tumbuh di Dumai. Ada juga pengolaan sampah yang juga bisa menjadi income bagi masyarakat Dumai, " pungkas Wali Kota Dumai H Paisal. 

Pada kesempatan itu, kegiatan Kadin Dumai Expo juga diisi dengan acara Penandatangan MoU Kadin Kota Dumai dan Asuransi ASEI Indonesia, Brain Story Sdn.Bhd PT Kampung Aren Kurma Indonesia (PT KAKI) dan PT Pertama Bersama Jaya (PBJ). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kadin Kota Dumai dan Dinas Perdagangan Dumai, Penandatangan Koperasi Kodim 0320 Dumai dan CV. Kahaka Internasional. 

Selain itu, ada pembagian bantuan Sosial dari Pundi Amal PLN Dumai, penyerahan sagu hati kepada Ananda Rayhana Renita Helmi atas prestasi Juara 5 Nasional Tahun 2023 di Jambi dan Juara 1 Cabang Tilawah MTQ Provinsi Riau di Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2023, putri dari Drs. Helmi (Pengurus Kadin Kota Dumai). Selanjutnya, penyerahan hadiah bagi pemenang SMK Expo dalam kegiatan Job Fair Tahun 2023.(cu)