Resmikan Kantor Baznas Bengkalis, Bupati Apresiasi Pengumpulan ZIS

Teks foto: Bupati Kasmarni didampingi Pimpinan Baznas RI dan tamu undangan lainnya saat menandatangani prasasti peresmian kantor Baznas Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS (Surya24.com) - Bupati Bengkalis, Kasmarni mengapresiasi keberhasilan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis dalam upaya pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang telah dilakukan. 

Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Kasmarni saat meresmikan gedung baru Baznas yang beralamat di Kelapapati Darat, Kecamatan Bengkalis, Rabu 17 Januari 2024. 

Menurut Kasmarni, pengumpulan ZIS dibawah ketua Ismail dari tahun ke tahun semakin menggembirakan. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan. "Seperti disampaikan pak Ismail tadi, selama 2022 terkumpul sekitar Rp4 milyar. Namun di 2023 naik drastis menjadi 10,5 milyar," ungkap Kasmarni. 

Kemudian yang lebih menggembirakan lagi dari total tersebut Rp6,3 milyar berasal dari zakat profesi para ASN Pemkab Bengkalis. Agar capaian ZIS terus mengalami peningkatan, diutarakan mantan Camat Pinggir itu Pemkab Bengkalis akan terus mendukung berbagai program dan kegiatan Baznas Kabupaten Bengkalis. 

Komitmen itu dibuktikan dengan dukungan regulasi dan sarana, seperti menerbitkan berbagai payung hukum berupa Perda, Perbup dan Inbup terkait pengelolaan dan pengumpulan zakat. 

Sedangkan guna mendukung operasional, dikucurkan dana pembangunan kantor Baznas dan pemberian bantuan kendaraaan roda empat. 

Bupati berharap, dengan dibangunnya gedung Baznas yang refresentatif ini, dapat meningkatkan lagi semangat dan kinerja dalam melakukan pengelolaan ZIS dari para muzakki, baik itu ASN, pengusaha, dan para dermawan. 

"Sehingga kelak Baznas dapat menjadi garda terdepan dalam mensejahterakan umat guna mendukung terwujudnya Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera" harapnya. 

Terpisah, selaku pimpinan Baznas Republik Indonesia, Achmad Sudrajat turut mengapresiasi Pemkab Bengkalis dalam mendukung upaya Baznas Bengkalis dalam meningkatkan ZIS. 

Menurut Ketua Bidang Koordinasi Nasional Baznas RI ini, terkumpulnya Rp10,5 milyar adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, karena bisa digunakan dalam mensejahterakan umat. 

Atas nama pimpinan Baznas pusat, Achmad Sudrajat juga mengucapkan salam takzim dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis yang telah menyalurkan ZIS melalui Baznas. 

"Terkhusus kepada para ASN yang telah mengeluarkan 2,5 persen dari penghasilan profesinya. Tentunya ini menjadi awal keberkahan untuk Bengkalis, Riau dan Indonesia," ungkapnya. 

Adapun rangkaian acara peresmian gedung megah Baznas ini ditandai dengan penandatangan prasasti dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, lalu pengguntingan pita dan diakhiri dengan peninjauan kantor. 

Menariknya, peresmian sekaligus perayaan HUT Ke-23 Baznas ini adalah dinobatkannya Bupati Kasmarni sebagai Duta Zakat Baznas yang ditandai dengan pemasangan rompi oleh pimpinan Baznas RI, Achmad Sudrajat. 

Selain itu, turut diserahkan secara simbolis penyaluran donasi yang telah dikumpulkan Baznas Bengkalis kepada pimpinan Baznas RI. Penyaluran donasi ini diserahkan Bupati Kasmarni dengan nominal Rp1 milyar lebih. 

Kemudian, turut juga diserahkan penyaluran zakat berbagai bidang oleh Ketua Baznas Bengkalis, Ismail kepada Bupati Kasmarni. Seperti bidang pendidikan berupa beasiswa untuk 172 mahasiswa berprestasi sebesar Rp344 juta. 

Lalu penyaluran zakat bidang kemanusiaan, berupa rumah layak huni diterima oleh Ahmad Syafi'i asal Desa Pangkalan Batang Barat sebesar Rp15 juta, bantuan korban rumah kebakaran kepada dua penerima yaitu Muhammad As'ari asal Sungai Alam dan Takhirudin asal Pambang Pesisir, masing-masing menerima bantuan sebesar Rp10 juta. 

Peresmian ini juga dihadiri Wakil Bupati Dr H Bagus Santoso, Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan serta sejumlah perwakilan dari Baznas Provinsi Riau dan Baznas Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.(rls)