Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Dumai Melalui Pelatihan, PT KPI Unit Dumai Selenggarakan Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP

PT KPI Dumai lakukan Sertifikasi Ahli K3 umum hingga 8 Februari 2024.

DUMAI (SURYA24.COM) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat Kota Dumai, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai selenggarakan Sertifikasi Ahli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Umum, yang dibuka mulai dari Senin (5/2) hingga Kamis (8/2) di Gedung Balai Pertemuan Sasana Mitra (BPSM).

Kegiatan yang berlangsung hingga empat hari ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang berasal dari empat kelurahan, yaitu Kelurahan Tanjung Palas, Jayamukti, Teluk Binjai, dan Buluh Kasap.

Dalam sambutannya, Section Head Safety PT KPI Unit Dumai, Danny Satria Prawijaya, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang memiliki budaya K3.

“Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, PT KPI Unit Dumai menyelenggarakan kegiatan ini agar masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan, memiliki keahlian di bidang K3 Umum yang banyak diperlukan di perusahaan,” jelasnya.

“Harapannya agar para peserta mempunyai keunggulan yang membuat mereka dapat diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan Ahli K3 Umum,” tambah Danny.

Camat Dumai Timur, Zainur, SH, yang juga berkesempatan hadir pada acara tersebut menyampaikan apresiasinya kepada PT KPI Unit Dumai yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini.

“Semoga kegiatan ini secara sustain dapat terus terlaksana di kesempatan-kesempatan berikutnya. Harapannya juga bisa mengikutsertakan kelurahan lain untuk menjadi peserta,” ungkapnya.

Selama empat hari pelaksanaan pelatihan, peserta diberikan materi pembelajaran terkait K3 seperti, Manajemen Risiko K3, Pengendalian Risiko di Tempat Kerja, Mengelola APD di Tempat Kerja, hingga Merancang Sistem Tanggap Darurat. Pada hari keempat pelaksanaan, diselenggarakan Ujian Kompetensi Sertifikasi langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengajak para peserta untuk bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini dikarenakan manfaat yang akan didapatkan begitu besar.

“Mari kita semua bersemangat mengikuti kegiatan ini hingga akhir, sehingga semuanya bisa lulus mendapatkan sertifikat Ahli K3 Umum. Semoga semua peserta yang hadir dapat terserap di dunia kerja agar bisa berkarya bagi wilayah Kota Dumai yang kita cintai ini,” tutupnya.(cu)