Edukasi Pelajar Terkait Aspek Safety dan Lingkungan, PT KPI Unit Dumai Selenggarakan Goes to School

DUMAI (Surya24.Com) – Dalam rangka mengedukasi pelajar terkait pentingnya aspek safety dan lingkungan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai selenggarakan program Goes to School ke SMA Negeri 1 Dumai pada Rabu (28/2).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Pemilihan Duta Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) tingkat SMA/SMK/Sederajat se-Kota Dumai dalam rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional PT KPI Unit Dumai dimana yang terpilih menjadi Duta K3L adalah perwakilan dari SMAN 1 Dumai.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa aspek safety dan lingkungan tidak hanya penting bagi perusahaan tapi perlu juga diketahui oleh pelajar, guna menumbuhkan kepedulian mereka sejak dini terkait kedua hal tersebut.

“Aspek safety dan lingkungan merupakan dua hal penting yang juga menjadi prioritas utama dari PT KPI Unit Dumai dalam menjalankan operasinya. Hal ini lah yang ingin kita bagikan kepada para pelajar agar semakin banyak pelajar yang peduli akan keselamatan dan kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan terkait overview PT KPI Unit Dumai serta HSSE Golden Rules dan Corporate Life Saving Rules yang diterapkan guna memastikan keselamatan dalam bekerja. Selain itu, dipaparkan juga terkait kegiatan CSR maupun Peduli Lingkungan yang telah dilakukan oleh PT KPI Unit Dumai, seperti program Dumai Minapolitan, Green Laundry, penanaman pohon, hingga upaya perusahaan dalam menerapkan green energy.

Duta K3L terpilih, Zacky Putra Sony dan Kafka Nafisa Efendi, juga membagikan pengalamannya terkait giat pemilihan kemarin serta apa yang sudah dan akan mereka lakukan untuk mengajak orang-orang di lingkungannya agar mencintai lingkungan dan membudayakan keselamatan dimanapun berada.

“Banyak pengalaman baru yang kami dapatkan dari mengikuti kegiatan Duta K3L kemarin. Untuk pertama kalinya, kami bisa masuk ke area kilang untuk melihat langsung unit-unit kilang yang ada disana. Kami juga sempat diajarkan terkait penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” ujar Kafka.

Apresiasi disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Dumai, Rafles, S.Pd, atas kegiatan Goes to School yang diselenggarakan oleh PT KPI Unit Dumai, dan berharap kerjasama baik yang sudah terjalin selama ini bisa semakin ditingkatkan di masa yang akan datang.

Di hari sebelumnya, tepatnya pada Selasa (27/2), PT KPI Unit Dumai menerima kunjungan edukasi dari SMP Al Ittihad Pekanbaru. Sebanyak lebih dari 100 orang pelajar kelas VII berkunjung dan belajar langsung mengenai proses bisnis yang ada di kilang Dumai. Mereka juga diajak berkunjung ke fasilitas perusahaan, yaitu Demo Room, untuk melihat secara langsung berbagai demo maupun alat peraga terkait safety yang berlaku di PT KPI Unit Dumai.

“Semoga kegiatan goes to school dan kunjungan edukasi ini bermanfaat bagi kita semua untuk terus sama-sama membudayakan cinta lingkungan dan utamakan keselamatan dimanapun kita berada,” tutup Agustiawan. (cu)