Kembali Gelar Donor Darah, Kilang Pertamina Unit Sungai Pakning Sumbangkan 225 Kantong Darah

SUNGAI PAKNING (Surya24.com) - Sebagai wujud kepedulian sosial sekaligus mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan untuk masyarakat, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Sungai Pakning kembali menggelar donor darah dan pemeriksaan VCT (Voluntary Counselling & Testing) untuk kedua kalinya di Gedung Budaya Loka Patra (Bulopa), Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (28/5). 

Pada acara donor darah kedua ini, PT KPI Unit Sungai Pakning berhasil mengumpulkan dan menyumbangkan 225 kantong darah. Sebelumnya PT KPI Unit Dumai dan Sungai Pakning telah menyumbangkan 374 kantong darah, pada gelaran yang pertama pada 14 -15 Mei 2024. 

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa kegiatan donor darah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di lingkungan Kilang Pertamina Dumai dan Sungai Pakning. 

“Acara donor darah di PT KPI Unit Dumai maupun Sungai Pakning ini menjadi salah satu agenda rutin yang kami laksanakan, setidaknya 3 bulan sekali. Kegiatan ini selalu disambut antusias oleh pekerja dan keluarga, mitra kerja hingga masyarakat sekitar wilayah operasi kilang,” jelasnya. 

Acara donor darah dan pemeriksaan VCT ini juga menjadi upaya Kilang Pertamina Dumai dan Sungai Pakning membantu ketersedian darah bagi masyarakat yang membutuhkan sekaligus meningkatkan kesehatan khalayak yang turut serta dalam kegiatan tersebut. 

Acara donor darah kedua yang diselenggarakan oleh PT KPI Unit Sungai Pakning ini turut berkolaborasi bersama dengan PMI Kabupaten Bengkalis, PMI Siak dan Puskesmas Bukit Batu. 

Dalam kesempatan ini, mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr. Reky Khairunnas juga tak lupa menyampaikan apresiasinya atas kontribusi dan komitmen PT KPI Unit Sungai Pakning terhadap kesehatan masyarakat, salah satunya lewat kegiatan donor darah rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan. 

Kolaborasi antara Kilang Pertamina Sungai Pakning dan beberapa instansi kesehatan pemerintah Kabupaten Bengkalis ini mencerminkan komitmen bersama secara proaktif dan kolektif untuk terus memperhatikan serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 

Dilangsungkannya kembali kegiatan donor darah yang kedua ini juga menjadi respon dari antusiasme atas edukasi yang diberikan mengenai manfaat dari donor darah pada donor darah yang pertama. 

Melansir dari situs Kemenkes RI, donor darah dapat menjadi wujud nyata kita memberikan harapan hidup untuk orang lain serta dapat meningkatkan rasa kebersamaan. Donor darah sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Secara fisik, donor darah dapat bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit jantung, mengurangi kekentalan darah dalam tubuh, hingga menurunkan kolestrol di dalam tubuh. Dilihat dari aspek kesehatan mental, donor darah bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosi dan perasaan negatif. 

Dalam kesempatan yang sama, Kilang Pertamina Sungai Pakning juga melaksanakan pemeriksaan VCT atau yang juga disebut layanan Konseling dan Tes Sukarela HIV/AIDS. Pemeriksaan kesehatan tersebut tak kalah disambut antusias oleh masyarakat. VCT sendiri dilakukan dapat bertujuan sebagai langkah preventif, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. 

Dengan partisipasi yang luar biasa, acara donor darah dan pemeriksaan VCT ini telah memberikan banyak dampak positif yang nyata bagi masyarakat Sungai Pakning. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa kerjasama antara industri dan instansi pemerintah dalam mendukung kesehatan masyarakat dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan. 

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, Kilang Pertamina Dumai dan Sungai Pakning terus berkomitmen dan berkontribusi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sosial bersama. Selain itu, harapannya juga dapat memberikan inspirasi dan dorongan positif bagi masyarakat sekitar untuk terus peduli akan kesehatannya sendiri dan orang banyak.(cu)