Gugus Tugas Covid-19 Parit Aman Perketat Pantau ODP, Warga Berharap Bantuan Datang

Pengecekan ODP secara door to door

Bagansiapiapi (Surya24.com) -  Selama menghadapi pandemi virus corona atau covid-19, gugus tugas covid-19 Kepenghuluan Parit Aman  Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau bersama tenaga medis dan relawan secara door to door aktif lakukan pengecekan suhu tubuh dan kesehatan warga ODP (orang dalam pemantauan) baik masuk maupun dari luar daerah yang terpapar zona merah.

      Pemantauan terus dilakukan selama pandemi hingga Rabu (22/4/2020),  data di peroleh dari tim covid-19 Kepenghuluan Parit Aman untuk bulan April 2020 sementara masih tercatat 27 orang (ODP) demikian disampaikan Lince Mariati tenaga kesehatan  Kepenghuluan Parit Aman.

    " Walau kampung kita masih aman, tapi tetap harus waspada, sejauh ini terpantau dari warga kita ada orang yang baru pulang ke Parit Aman dari luar daerah Rohil dan langsung kita datangi guna melakukan cek suhu tubuhnya dan kesehatannya," Ujar Lince saat dikonfirmasi Surya24.com.

    Pemantauan terus di lakukan guna mengantisipasi penularan covid19, tenaga kesehatan bersama tim relawan Kepenghuluan Parit Aman turun ke lapangan di pimpin Supratno  Datuk Penghulu Parit Aman, BPKep, Bhabinkambtibmas, Babinsa, RT bergerak memantau warganya yang keluar masuk dari daerah luar.

    Warga dihimbau agar segera memberikan informasi jika ada warga atau keluarga yang baru pulang atau datang dari luar Rohil untuk segera di cek kesehatannya oleh tim gugus tugas  covid-19 Kepenghuluan Parit Aman.

      Pantauan Surya24.com diketahui masih ada dikalangan masyarakat yang belum paham dalam membedakan pemberitaan terkait virus corona covid-19 yang sering kali muncul istilah ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Orang Dalam Pengawasan) dan Positif Covid-19 lantaran ketidaktahuan masih ada yang bingung dan salah mengartikan.

  " Parit Aman masih aman, hanya ODP saja karena baru pulang dari luar daerah, bukan PDP maupun Positif Covid-19, kita harap jangan panik. Kita turun langsung secara door to door kerumah ODP, kita arahkan kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing selama 14 hari guna antisipasi, "Ujarnya.

   Mengingat kondisi akan dampak covid-19 khususnya di Kepenghuluan Parit Aman, beberapa warga berharap bantuan seperti bahan pokok sembako atau lainnya segera dapat diterima warga.

  "Kita masih menunggu ada  bantuan, sekarang ini semua warga kita ikut kena dampaknya akan pandemi ini, seperti ibu-ibu yang janda kita kasian, orang-orang tua dan warga yang kehilangan pekerjaannya atau yang menganggur, kita berharap agar bantuan di Desa kita ini cepat datang, seperti bahan pokok sembako atau lainnya," Harap warga Parit Aman.  (Suhendra/HY)