Warga Myanmar Asal Malaysia Nekat Susul Istri ke Sinaboi Rohil Namun Kandas di Pos Satgas Covid-19

Warga Myanmar asal Malaysia saat di amankan Tim Satgas Covid-19 Simpang Pedamaran Rohil

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Niat hati menyusul istrinya ke Raja Bejamu Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir Riau, Muhammad Isuf (23) warga Myanmar  menetap di Sungai Buluh Baru Malaysia terciduk Tim Satgas Covid-19 Pos Simpang Pedamaran Labuhan Tangga Besar, Rabu (6/5/2020) karena tidak memiliki dokumen keimigrasian.

Muhammad Isuf (23) di depan Tim Satgas Covid-19 Pos Simpang Pedamaran dalam pengakuan mengantongi indentitas UNCR datang ke Indonesia melalui perairan tikus dari Malaysia melalui perairan  Dumai.

Muhammad Isuf mengaku dari Malaysia ke  Dumai, Selasa (5/5/2020) naik speed boat bersama 20 penumpang lainya untuk menyusul SSR (39) istrinya yang  pulang kampung di  Raja Bejamu Sinaboi Rohil.

Selasa (5/5/2020) jam 03.00 WIB dini hari setelah mengharungi Selat Malaka bersama 20 penumpang lainya selamat sampai di pelabuhan tikus Kota Dumai.

Pengakuan Muhammad Isuf kepada petugas dia  bersama 2 rekan WNI berusia 28 dan 30 tahun teman satu speed boat dari Malaysia begitu sampai di Dumai dijemput mobil lalu berangkat menuju  Bagansiapiapi.

Karena ada pos pemeriksaan warga Myanmar ini di turunkan sopir di jalan  dan akhirnya ditemukan petugas dan dibawa ke Pos Satgas Pedamaran untuk pemeriksaan.

Di sinilah Muhammad Isuf (23) tersandung masalah berkomunikasi bahasa melayu lalu memberikan nomor handphone  SSR (39) warga Raja Bejamu Sinaboi konon istri yang telah di nikahinya di Malaysia akhirnya dapat berkomunikasi lewat handpone.

Begitu menerima telpon arjunanya, SSR (39) mengutus Darwis Ketua RT 017 Raja Bejamu  bersama seorang  adiknya datang ke Pos Covid-19 Simpang Pedamaran untuk menemui Muhammad Isuf.

Setelah melakukan proses awal akhirnya Tim Satgas Covid-19, Rabu (6/5/2020) jam 21.00 WIB malam menyerahkan warga Myanmar ini ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi dan diterima Kasi Intel Dakim H.Saragih SH.

Selanjutnya Kasi Dakim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi melakukan proses pemeriksaan keimigrasian Muhammad Isuf dan pada hari Kamis (7/5/2020) Jam 15.30 WIB sore di berangkatkan dengan didampingi petugas Imigrasi untuk di serahkan ke Rudimin Pekanbaru .

 Surya24.com berupaya mengkonfirmasi  Agus Susdamajanto Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi namun bertepatan libur Waisak 2564 petugas jaga menyebutkan warga Myanmar itu sudah dibawa berangkat ke Rudamin (Imigrasi) Pekanbaru.

"Tadi berangkatnya usai sholat Ashar," sebut penjaga kantor Imigrasi Bagansiapiapi kepada Surya24.com yang masuk melalui salah satu pintu pagar yang terbuka dihari libur Waisak ini. (HY/Suhendra)