Wakil Ketua DPRD Dumai, Mawardi Apresiasi Kegiatan Goro Pedagang TBG 

DUMAI (Surya24.com) – Pedagang areal Taman Bukit Gelanggang (TBG) Dumai, yang menyediakan permainan anak-anak atau sejenisnya serta menjual makanan dan minuman melaksanakan kegiatan gotong royong (goro).

Kegiatan gotong royong yang dilakukan melibatkan seluruh anggota keluarga para pedagang, pada tanggal 14 Juni hari Sabtu pukul 08.00.WIB sampai dengan selesai.

Di hari sebelumnya pedagang TBG juga melakukan kegiatan yang sama. TBG yang terletak dipusat kota pada perempatan jalan Sudirman dan Jalan Soebrantas dengan bentuk segitiga memiliki air mancur, alun-alun, Astaka MTQ, dengan lampu-lampu taman di sekelilingnya. Lokasi Taman Bukit Gelanggang yang strategis banyak dikunjungi masyarakat Kota Dumai dan sekitarnya, sehingga hal ini pun dimanfaatkan oleh pedagang untuk mencari nafkah dengan menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga relatif murah.

Para pedagang biasanya mulai menggelar dagangannya pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Dari pantauan Media ini, di lokasi areal Taman Bukit Gelanggang kegiatan saat para pedagang melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut terlihat bersemangat dalam suasana yang penuh keakraban.

“Kami melakukan bersih-bersih ini atas insiatif dan kesadaran bersama, seiring himbauan dari pihak Pemerintah Kota Dumai,”ujar Khairul, salah seorang pedagang.

Selanjutnya Khairul mengatakan, kalau taman kota yang sudah menjadi salah satu icon Kota Dumai ini bersih, maka pengunjung tentu merasa nyaman dan betah bersantai disini.

" Kalau pengunjung ramai, maka omzet kami juga akan baik. Memang kami para pedagang sejak akhir bulan Februari belum di izinkan berjualan, tapi kemarin ada kesempatan berjualan, itupun hanya 3 hari, namun kami di suruh tutup kembali,”tambah Khairul.

Selain itu, para pedagang berharap, Taman Bukit Gelangang ini bisa kembali memiliki air mancur seperti dulu dan lampu-lampu di sekitar taman agar diperbaiki oleh pemerintah daerah. " Seperti lampu- lampu banyak yang putus dan mati, agar bisa menyala lagi, kiranya agar dapat berfungsi kembali, sebagaimana sebelumnya,” katanya kepada media ini. Dilain sisi mereka juga berharap agar tidak terjadi penggusuran terhadap para pedagang di Taman Bukit Gelanggang ini.

Dilain pihak Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai dari Partai PKS ketika dimintai tanggapan terkait Aksi gotong royong yang dilakukan para pedagang TBG melalui sambungan seluler mengatakan,” Saya atas nama pribadi dan sebagai wakil rakyat memberikan apresiaai yang luar biasa, Karena jarang sekali para pedagang di lokasi tempat mereka mencari nafkah mau bergotong royong,” sebutnya.

Terkait para pedagang yang belum bisa berjualan, Dia meminta pemerintah mencari solusinya untuk para pedang. " Sejauh para pedagang dapat menjaga kebersihan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lokasi tersebut serta mengikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak kita akan dukung, karena hal itu berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,”kata Mawardi. (cu)


Tulis Komentar