GALERY RSUD DUMAI

RSUD Dumai Bakal Terima PCR untuk Test Swab Covid-19

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaiful (pakai baju merah muda)

DUMAI (Surya24.com) - Gugus Tugas COVID-19 Kota Dumai mengatakan RSUD Dumai bakal menerima alat Polymerase Chain Reaction (PCR), yang merupakan alat tes swab virus SARS-CoV-2 agar bisa melakukan uji swab secara mandiri.

''Kita masih siapkan ruangannya, semoga secepatnya sampai dan akan sangat efektif untuk penanganan pasien dan pencegahan nantinya," kata Jubir Gugas COVID-19 Dumai Syaiful kepada pers, Senin (20/4/2020).

Alat swab test tersebut diperoleh dari Kementerian Kesehatan, karena RSUD Dumai merupakan salah satu Rumah Sakit rujukan untuk penanganan pasien COVID-19 di Riau, dan Pemko Dumai saat ini masih mempersiapkan ruangan untuk alat tersebut.

Setelah Dumai memiliki alat PCR, maka tidak perlu waktu lama untuk mendapat hasil terhadap pasien, karena saat ini sampel diambil harus dikirim ke Jakarta untuk dilakukan uji swab atau PCR, dan hasilnya menunggu sekitar 10 hari ke depan. 

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Dareah (RSUD) Dumai, drg. Ridhonaldi ketika dikonfirmasi, Rabu (17/6/2020) melalui WA nya berharap agar alat ini segera sampai ke Dumai.

" Ruangan lab yang nantinya akan kita gunakan untuk pemeriksaan menggunakan PCR sudah 99 persen. Semoga alat catrik dan reagennya secepatnya datang dari pusat agar dapat kita operasionalkan di Dumai, "ujarnya singkat. (RSUD Dumai)