Kepala DKP Riau Gelar Pembahasan Masalah Bubu Tiang di Rohil

Ir H Herman Mahmud M.Si pimpin kegiatan pertemuan di Bagansiapiapi Rohil

Bagansiapiapi.(Surya24.com)  - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Ir H Herman Mahmud M.Si beserta rombongan Rabu (8/7/2020) sambangi Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir gelar pertemuan pembahasan penertiban Tiang Bubu dan Budi Daya Kerang Darah serta Alat Penangkapan Ikan Terlarang (Ilegal Fishing).

Acara pertemuan pembahasan itu dipimpin langsung oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Ir H Herman Mahmud M.Si  di Kantor UPT. Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah lll Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir.

Turut hadir Kadis Perikanan Kabupaten Rokan Hilir Muhammad Amin, Kepala UPT. PSDKP Wilayah lll Hermanto S.Pi 
Kasatpol Air Polres Rohil, Danposal Bagansiapiapi, Syahbandar, Camat Sinaboi, Camat Palika, perwakilan Camat Bangko dan Mahasiswa.

Permasalahan bubu tiang di perairan Pulau Halang Panipahan menjadi persoalan sejak lama yang dikeluhkan masyarakat sebab di alur pelayaran dan di tempati turun menurun sejak puluhan tahun lalu akibatnya banyak korban mengalami kecelakaan.

"Tiang bubu ini sudah meresahkan, kami mengambil kesimpulan bahwa kami mempunyai data izin yang lama, kami akan menurunkan tim segera mungkin mendatangi pengusaha itu sendiri, kalau tidak sesuai ketentuan yang berlaku akan dicabut, kalau tidak mengaku akan kita tandai"Tegas Kepala DKP Riau Ir H Herman Mahmud M.Si.

Ditegaskannya lagi, untuk masalah bubu tiang tersebut akan mengambil kebijakan apakah akan menggunakan anggaran sendiri atau yang lain namun yang jelas saat ini belum ada anggaran untuk melakukan pencabutan bubu tiang tersebut.

"Agar tidak ada lagi korban, kita minta kepada Syahbandar untuk menunjukan alur pelayaran supaya mereka tidak lagi memasang di alur pelayaran,"Ujarnya. (Sun/HY)