Tertarik Adopsi Pengelolaan Inkubasi Bisnis Dan Teknologi Pemko Solok Kunjungi Pelalawan

Pelalawan (Surya24.com) - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan merangkul dan melakukan pelatihan untuk pengembangan teknologi dan bisnis bagi para pelaku usaha kecil di Kabupaten Pelalawan, pada Selasa (28/7/2020) kemaren, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan mendapat kunjungan kerja dari Dinas perdagangan dan koperasi Kota Solok Provinsi Sumbar.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Asisten bidang Administrasi umum Setda kota Solok Drs Muhammad MSi serta Kadis perdagangan dan KUMK Kota Solok Drs Bujang Putra MM.

"Ya, Alhamdulillah keberhasilan kita untuk mengembangkan teknologi dan bisnis buat para pelaku membuahkan hasil membanggakan, dimana kita dapat kunjungan dari Pemerintah Kota (Pemko) Solok,"kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pelalawan Drs. Fahrizal MSi kepada wartawan Selasa (28/7/2020).

Dikatakan juga oleh Fahrizal, Kedatangan Pemko Solok ke Pelalawan melaksanakan study komporatif tentang pengelolaan inkubasi bisnis dan teknologi dalam rangka pengembangan industri kecil menengah (IKM), bahwa IKM sudah lama dibina diperkuat dengan bekerja sama dengan UPT Teknopolitan. Industri kecil dan menengah yang dikembangkan oleh pelaku usaha seperti sabun mandi, pencuci kendaraan dan perabot serbaguna, ice cokelat, tepung alga, sabun dan penyambung alat panen kelapa sawit.
 
"Produk yang ditemukan atau dibuat oleh pelaku usaha merupakan hasil turunan dari kelapa sawit. IKM yang membuat produk tersebut yakni industri kecil dan menengah Sejahtera, IKM Syam SP, IKM Lestari, IKM Cipta Karya Mandiri,"ujarnya.
 
Fakhrizal menambahkan, bahwa alasan mereka ingin kesini, karena Pemko Solok ingin melihat kerjasama Pemkab Pelalawan dengan inkubasi yang dikelola oleh ST2P. Mereka juga ingin mengembangkan IKM berbasis inkubasi  dan teknologi di daerah mereka. Selain itu juga, mereka juga ingin belajar bagaimana Pemkab mendorong perusahaan untuk mendukung pengembangan IKM di Pelalawan melalui program CSR. (jon)


Tulis Komentar