INFOTORIAL PEMERINTAH KOTA DUMAI

Pemko Dumai Launching 4 Program Aplikasi Hasil Kolaborasi 3 Dinas

Wawako Dumai, Eko Suharjo saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Diskominfo Muhammad Fauzan secara simbolis mewakili dua dinas yakni Kadispersip Suriyanto (kanan) dan Kadisdikbud Sya'ari (kiri)

DUMAI (Surya24.com) - Pemerintah Kota Dumai meluncurkan sejumlah program berbasis internet dengan menggunakan aplikasi. Di antaranya program streaming Dumai literasi informasi dan eduitainment (Lite) Kota Dumai, program Dispersip Kota Dumai, kemudian jendela literasi dan inspirasi (Jelita) Kota Dumai dan pengembangan Kelas Kominfo SMKN 1 untuk tingkat pelajar SD dan SMP sederajat. 

Tujuan dibuatnya program tersebut untuk memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

"Khususnya dalam menyebarluaskan informasi yang akan datang di Kota Dumai secara bijak,"ungkap Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suhardjo di sela meresmikan peluncuruan keempat program virtual tersebut belum lama di Balai Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (19/7/2020).

Apalagi menurut dia, di tengah masa pandemi Corona ini, banyak dampak yang ditimbulkan sehingga semua aktivitas terganggu baik dari dunia pendidikan, perekonomian, sosial dan lainnya. Jadi melalui program ini, diharapkan bisa membantu dari segala kegiatan yang dapat terlaksana dengan baik.

"Karena informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat secara jelas dengan tidak terpotong-potong sehingga mampu mengedukasi positif kepada masyarakat luas,"kata dia.

Sementara di kesempatan berbeda, hal senada juga disampaikan Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah. Dikatakan dia, pesatnya arus informasi yang kian terbuka saat ini, membawa tantangan dan perubahan yang cukup besar bagi setiap kehidupan.

Bagi dia, jika hal ini tidak disikapi secara serius dari sejak dini, maka hal ini akan berdampak luas bagi masyarakat apalagi di dunia teknologi yang semakin canggih sekarang. "Tentu saja akan berdampak negatif bagi generasi kita di masa akan datang,"sebut dia.

Melalui program yang diluncurkan. Berdasarkan inisiatif kolaborasi tiga dinas di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai, tentunya ia sangat mengapresiasikan hal ini.

Disampaikan dia, ini merupakan sebuah terobosan guna mengantisipasi sekaligus mengedukasi publik dari tantangan terbukanya arus informasi yang serbah canggih ini.

"Dengan program inovasi ini, Pemko Dumai menaruh harapan besar agar ketiganya bisa menciptakan inklusi sosial dengan berhasil,"tukasnya.(Diskominfo Dumai)