Terpapar Corona, 10 Puskesmas di Rohil Ditutup

Plt Kadis Kesehatan Rohil Ahmad Yusuf

Bagansiapiapi (Surya24.com) - Karena ada tenaga medis yang terpapar covid-19. Pelayanan kesehatan di 10 Puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir sempat ditutup.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir Ahmad Yusuf, Rabu (4/11/2020) dari 10 Puskesmas yang terpapar covid-19 tersebut dikatakannya, pelayanan di 6 Puskesmas sudah dibuka dan 4 Puskesmas masih ditutup.

Adapun 4 Puskesmas yang masih ditutup adalah Puskesmas Sedinginan, Puskesmas Bagan Punak, Puskesmas Rantau Kopar dan Puskesmas Bangko Kanan.

Ada dua faktor ditutupnya puskesmas  tersebut dikarenakan adanya tenaga medis yang positif Covid-19 dan ada dijadikan sebagai tempat isolasi pasien positif covid-19.

Penutupan sementara layanan Puskesmas di beberapa daerah ini, Ahmad Yusuf menghimbau  masyarakat yang ingin berobat untuk sementara waktu di alihkan ke pustu dan polindes ataupun dirujuk di Puskesmas terdekat yang masih buka maupun  ke RSUD Bagansiapiapi.

"Puskesmas Sedinginan ditutup karena sebagai tempat isolasi pasien covid-19. Sementara puskesmas yang lain ditutup karena adanya tenaga medis yang terpapar. Untuk saat ini pelayanan di beberapa puskesmas ini di alihkan di Pustu dan Polindes terdekat," ujarnya.

Saat ini dikatakannya, puskesmas yang terpapar covid-19 di lakukan treking kontak erat dengan pasien dan kembali normal setelah menunggu hasil swab keluar.

Disebutkan Plt Kadis Kesehatan Rohil Ahmad Yusuf, Sebanyak 275 pasien sudah dinyatakan sehat dan dipulangkan, 4 orang isolasi khusus, 85 orang isolasi mandiri, 11 orang meninggal dunia. (Suhend/HY)