INFOTORIAL DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DUMAI

Dispersip Dumai Serahkan Penghargaan ke Perpustakaan Tun Teja Peraih Juara III Tingkat Provinsi Riau

DUMAI (Surya24.com) – Perpustakaan Tun Teja SMK N2 kota Dumai sukses meraih juara III lomba Perpustakaan sekolah tingkat Provinsi Riau tahun 2020 yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau.

Untuk diketahui, sebagai pemenang lomba tersebut, yakni SMK Abdurrab Pekanbaru, MAN 1 Kuantan Singingi, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Tembilahan, SMKN 1 Minas, dan MAN 1 Bengkalis.

Untuk itu, sebagai pemenang lomba Perpustakaan Sekolah Tingakat SLTA Se-Provinsi Riau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai telah menyerahkan kepada SMK N2 Dumai Penghargaan, Piala dan uang tunai beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dispersip Kota Dumai, Suriyanto, SP didampingi Pungsional Pustaka Mahir, Tri Marini dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan SMK N 2 Dumai, Dewi Marlina SPd dan didampingi Kepala Sekolah SMK N 2 Juzmilita S.Pd.MP di kantor SMK N 2 Dumai.

Kepala Dispersip Dumai, Suriyanto sangat memberi apresiasi kepada Perpustakaan SMK N 2 Dumai, karena baru dibentuk beberapa bulan yang lalu sudah mengukir prestasi yang luar biasa. " Baru dibentuk pada bulan Mei lalu sudah punya prestasi hingga ke tingkat provinsi. Hanya beda 4 poin dengan Kabupaten lainnya yang meraih juara dua."terang Suriyanto, Jum'at (16/10/2020).

Suriyanto SP menyebutkan, Dinas Perpustakaan Dumai menjalin kerjasama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) yang ada di Kota Dumai sebagai organisasi profesi tenaga perpustakaan sekolah.

Tujuan didirikannya ATPUSI, kata Suriyanto adalah, untuk meningkatkan profesionalisme tenaga perpustakaan sekolah; mengembangkan ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi; mengabadikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian tenaga perpustakaan sekolah untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Untuk mencapai tujuan tersebut ATPUSI melakukan berbagai kegiatan membina forum komunikasi antar tenaga perpustakaan sekolah dan atau kelembagaan perpustakaan, dokumentasi dan informasi, mengadakan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan ilmiah khususnya di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi, “terang Suriyanto.

Selain itu, kata Suriyanto, mengusahakan keikutsertaan ATPUSI dalam pelaksanaan program pemerintah dan pembangunan nasional di bidang perpustakaan sekolah, dokumentasi dan informasi, mendukung program advokasi bagi tenaga perpustakaan sekolah.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan SMK N2 Dumai Dewi Marlina, S.Pd menyebutkan Dispersip Kota Dumai telah menyumbangkan 2500 judul buku ke SMKN 2 Dumai.

“Dinas Perpustakaan Dumai telah menyerahkan 2500 judul buku umum kepada SMK N2 Dumai. Buku-buku yang ada saat ini buku umum, sedangkan untuk buku-buku nuansa melayu memang agak kurang, "terang Dewi Marlina.

Kegiatan Perpustakaan di SMK N2 Dumai saat ini, kata Dia, khusus untuk dalam sekolah saja dan belum melayani untuk luar sekolah, namun kedepan tidak tertutup kemungkinan untuk masyarakat umum.

Setiap harinya kegiatan di Perpustakaan Tun Teja SMKN 2 Dumai cukup padat sehingga kekurangan tenaga. Dikarenakan kekurangan tenaga, kata Dewi Marlina, maka ada beberapa siswa yang ikut membantu pengelolaan Pustakaan. Saat ini ada tujuh orang guru yang mengelola ditambah beberapa orang siswa dan siswi sekolah tersebut.

Sementara itu, Kepala SMK N2 Dumai, Juzmilita S.Pd.MiP menyebutkan selalu berupaya apapun kegiatan sekolah termasuk pada bidang Perpustakaan SMK N2 Dumai.

"Kami atasnama SMK N2 Dumai mengucapkan terimakasih kepada pak Suriyanto sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Dumai yang telah memberi perhatian kepada kami. Mudah-mudahan kedepan kami tetap diberi support, agar perpustakaan di sekolah kami ini makin baik lagi, "ujarnya. Tambahnya lagi, dari hasil yang diraih oleh perpustakasn SMK N2 Dumai akan mentargetkan tahun ini terakreditasi dan tahun depan akan ikut berkompetisi ke tingkat Nasional. Perpustakaan SMI N2 Dumai atau Perpustakaan Tun Teja, kata Juzmilita adalah pusat literasi dan rekreasi. (Inf/Dispersip Dumai)