Dumai Tuan Rumah Pelaksanaan UKT Sabuk Coklat Tako Se Provinsi Riau

DUMAI (Surya24.com) - Dalam olahraga beladiri karate warna sabuk dipergunakan untuk membedakan antara satu karateka dengan lainnya. Sabuk yang dipergunakan saat mulai berlatih dimulai dari sabuk putih. Secara filosofis, perbedaan sabuk ini didapat melalui ujian kenaikan tingkat untuk mengukur peningkatan kemampuan.

Hal inilah yang dilakukan Karate-Do TAKO Indonesia Provinsi Riau dengan mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Sabuk Coklat, Minggu 21 Februari 2021. Kota Dumai ditunjuk selaku tuan rumah dalam pelaksanaan UKT tersebut. Pelaksanaan UKT dari Sabuk Biru untuk naik ke Sabuk Coklat itu diadakan di Gedung Olah Raga (GOR) Taekwondo jalan Dock Yard, Dumai Barat.

Peserta UKT Perguruan Karate-Do TAKO Indonesia Provinsi Riau dibawah naungan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) ini diikuti siswa-siswi dengan tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMU. Pelaksanaannya sesuai kurikulum Perguruan Karate-Do TAKO Indonesia. UKT ini merupakan program untuk mengukur hasil pelatihan yang dilakukan di Dojo.

Ketua Tako Dumai, Zulfitri Siregar, SH mengatakan, latihan di Dojo adalah melatih teknik dasar, melalui latihan yang dilaksanakan di Dojo secara sistematis dan berkesinambungan diharapkan akan punya prestasi yang baik.

" Melalui ujian kenaikan tingkat untuk mengukur peningkatan kemampuan. Peserta yang mengikuti dari Dumai 40 orang, Duri (Bengkalis) 14, dan Rokan Hilir 2 orang. Sementara beberapa Kabupaten dan Kota lainnya tidak mengirim peserta disebabkan sulit mendapatkan izin karena kondisi Covid-19, "terang Ketua Tako Dumai, Zulfitri Siregar yang juga merupakan anggota Polisi Polres Dumai.

Sentara itu, Ketua FORKI Kota Dumai, Monang Simanungkalit, S.Sos berharap kepada pelatih khususnya Tako Dumai untuk dapat meningkatkan prestasi siswa-siswi untuk mengikuti UKT Sabuk sesuai Kurikulum dari Tako Riau dan Pusat. " UKT ini selain untuk meningkatkan prestasi, juga untuk mempererat silaturahmi," ujar Monang.

Pelaksanaan UKT Tingkat Provinsi Riau ini dihadiri oleh anggota Dewan GURU TAKO Indonesia, Guru Koko Sinaga dan Guru Sabarman Damanik, juga di hadiri Wakil Ketua PB TAKO INDONESIA, H.Yusrizal Koto dan beberapa Pengurus Tako dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau. (cu)


Tulis Komentar