Alamak, Honor Tunda Bayar Tak Jelas, Perangkat Desa Ramai-Ramai ke Kepenghuluan Induk

Bagansiapiapi (Surya24.com) -  Puluhan perangkat Desa Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Senembah Rohil Riau Jum'at (27/11/2020) mendatangi Kantor Kepenghulu induk Bagan Bagan Batu (Sebelun prmekaran) menanyakan gaji tunda bayar  yang belum dibayarkan.

Kedatangan Ketua RT,RW,Kadus,staf Desa Kepenghuluan  Bagan Batu Barat  menanyakan honor tunda bayar  2017,2018 dan 2019 yang belum jelas kapan di bayar.

Massa perangkat Kepenghuluan Bagan Batu Barat membuat kantor Penghulu Bagan Batu di Jalan Sudirman Bagan Batu ramai dan hiruk-pikuk menjadi tontonan warga setempat.

Menurut Suharto Damanik Ketua RT 02 Imam Bonjol dan perangkat lainya ada informasi Penghulu Bagan Batu (Kepenghuluan Induk sebelum pemekaran) belum menanda tangani usulan ke Dinas PMD (Pemerintahan Masyarakat Desa) Rohil.

Namun sayang Dedy Irawan Penghulu Bagan Bayu (Penghulu induk sebelum pemekaran) tidak  di tempat.

" Yang ada  Sekdes,Bendahara,jika tak di gubris  5 Desember 2020 kami mundur massal,  " Tegas Suharto .

Bendaharawan Kepenghuluan Bagan Batu,Syaftida di hadapan perangkat desa Bagan Batu Barat membenarkan tunda bayar sebesar 489 ratus juta untuk  Tahun 2017,2018 dan 2019.

" Tahun 2017 tunda bayar 4 bulan,Tahun 2019, 6 bulan,2020 ini, 11 bulan, " Sebut Syafrida kepada awak media.

Walau tidak bertemu Dedi Irawan  Penghulu Bagan Batu (Penghulu induk) masa perangkat Desa Bagan Batu Barat membubarkan diri berjanji akan datang lagi mempertanyakan hak honor tunda bayar karena memasuki akhir Tahun 2020 ini.

Kepala Dinas PMD Rohil Yandra Msi bebetaps kali di bubungi lewat wathsaap dan seruler walau bernada masuk tetap tak mengangkat.

Sementara Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Rihil Andika Pratama Jum'at (27/11/2020) melalui pesan singat  mengaku sudah mendengar aksi perangkat  menanyakan gaji tunda bayar 2017,2018 dan 2019.

" Untuk hal itu saya tidak ada kapasitas menjawabnya, " Tulis Andika Pratama yang kini juga  Plt Camat Tanah Putih ini lewat pesan singkatnya .

Dan menambahkan pihaknya sudah memproses tunda bayar 14 Kepenghuluan di Rohil yang merupakan Desa Pemekaran (Desa Baru).

Namun tidak mengetahui pasti persoalan di desa Bagan Batu Barat sehingga tunda bayar belum terealisasi . (HY)