Dinas Pertanian Dumai Ciptakan Wisata Kebun Buah-buahan

DUMAI (Surya24.com) - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pertanian kota Dumai telah membuat lahan wisata kebun buah-buahan untuk umum. Lahan Pemko Dumai itu tepatnya berada di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai. 

Lahan itu telah lama digarap dan ditanami buah-buahan oleh Dinas Pertanian dan saat ini tanaman tersebut telah tumbuh dengan subur.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Dumai Hadiyono, lahan Pemko di kelurahan Pelintung saat ini sudah membuahkan hasil. Ada beberapa jenis buah-buahan ditanam disana. Lahan tersebut akan dijadikan tempat wisata buah-buahan untuk umum.

"Lahan milik Pemko Dumai di kelurahan Pelintung sudah kita tanami buah-buahan beberapa macam. Saat ini Alhamdulillah sudah menunjukkan hasil yang bagus. Lahan tersebut akan kita jadikan tempat wisata kebun buah-buahan untuk umum yang langsung dapat dipetik dari pohonnya untuk dinikmati. Tempat wisata buah-buahan ini sudah lama kita bicarakan sama pak Walikota dan Alhamdulillah sudah disetujui. Namun kendala tempat wisata buah-buahan itu adalah sarana dan prasarana, salah satunya akses jalan yang memerlukan anggaran". sebut Kadis Pertanian itu.

Disampaikan juga oleh Kadis Pertanian, selain menjadi tempat wisata, akan dijadikan percontohan hasil buah-buahan yang ditanam disana kepada petani di Dumai. Ia berharap kepada petani di Dumai jika memiliki lahan agar menanam pohon buah-buahan, mudah dipahami dan menjadikan perekonomian lebih baik lagi. " Apalagi akses jalan tol yang sudah terbuka tentunya peluang untuk jual beli lebih aktif lagi. "ungkap Hadiyono, Kadis Pertanian Dumai.

Mendengar informasi itu, Tahjuddin Effendi anggota DPRD Dumai Komisi II Fraksi PKS sependapat dengan tempat atau kebun wisata buah-buahan untuk umum tersebut. Terlebih lagi suatu nilai edukasi sebagai pendorong masyarakat Dumai umumnya para petani.

"Saya sangat setuju tempat wisata buah-buahan yang terbuka untuk umum, karena di Dumai belum ada wisata kebun buah-buahan yang langsung dapat di petik dari pohonnya. Namun bukan itu saja, hal tersebut sebagai Budidaya untuk petani kita di Dumai juga sebagai contoh agar dapat memanfaatkan lahan untuk menanam buah-buahan yang hasilnya seperti di tanami oleh Dinas Pertanian. Sunguh luar bisa. Saya apresiasi untuk Dinas Pertanian yang telah berhasil mengolah lahan Pemko Dumai menjadikan wisata buah-buahan untuk umum." ungkapnya. (zul)