Tasma Puja Serakan Surat SKT Ganti Rugi Lahan Restorasi Kampa ke Bupati Kampar

KOTO PERAMBAHAN (Surya24.Com) -PT. Tasma adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit serta pabrik pengolahan minyak.

Perusahaan ini terletak antara dua wilayah Kenegerian, yang pertama wilayah adat kenegerian Kampa,Kecamatan Kampa dan wilayah kerapatan adat kenegerian Rumbio,Kecamatan Kampar.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Tasma Puja pada hari,Jumat (11/12/20) 

Menyelesiakan tangung jawabnya dengan  
membebaskan lahan seluas,3019 m², milik Masyarakat Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa.Dengan nila Uang Sebesar RP 235 Juta untuk Pengembagan pembagunan Restorasi Kesultanan Kampa.

Perusaan Tasma Puja juga menyerakan Langsung Surat SKT kepada Bupati Kampar H.Catur Sugeng  Susanto.SH,yang diserahkan langsung Oleh Ketut sukarwa direksi didampinggi juga oleh sahrul MD. Kebun dan Dedi H siregar manager Kebun Sungai Kuamang juga Tampa ikut Plh Humas Yenhudri (dewak).

Direksi Ketut Sukarwa mengatakan disela acara penyerahan Surat SKT,Demi mempercepat program pembangunan infrastruktur Pemerintah Kampar, juga ikut mengsukseskan Program Penerintah Kabupaten Kampar yang dipimpin bapak Bupati Kampar H.Catur Sugeng  Susanto.SH.

,"Dengan proses pembebasan lahan yang cepat dan efektif, maka pembangunan infrastruktur pun bisa semakin cepat dan berdampak positif bagi masyarakat setempat. Infrastruktur akan membuat ekonomi di Kenegerian Kampa San Khsusnya masyarkat setempat semakin kuat dan akan berdampak positif, termasuk bagi warga yang terkena pembebasan lahan.Ujar Ketut Sukarwa.

Ketut Sukarwa selaku Direksi menyampaikan,bahwa pelaksanaan program CSR Ini adalah kegiatan yang bersinergi dengan program pemkab kampar. yaitu pembangunan berkelanjutan sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat adat yang ada di kabupaten kampar serta ikut berperan serta dalam melestarikan fungsi lingkungan masyarakat adat kenegrian dikabupaten kampar, provinsi riau.

Selain bersinergi dengan program pemkab kampar PT Tasma Puja juga trus mengadakan  kegiatan yang bersinergi dengan pemangku adat  sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat adat yang ada di kenegerian Kampa serta ikut berperan serta dalam melestarikan fungsi lingkungan masyarakat adat kenegrian Kampa kabupaten kampar," ungkapnya.

Peran ninik mamak atau pemangku adat vital untuk mendorong pembangunan dan pengembangan Negeri/ desa karena posisinya yang bersentuhan langsung dengan keluarga dalam tataran adat.
"Pembangunan negeri tidak hanya tugas dari perangkat pemerintahan, namun juga semua pihak termasuk ninik mamak yang dalam tataran adat sangat dihormati," Papar Ketut Sukarwa.(hasbi)