Buntut Statemen Sekdaprov Riau Dilaporkan ke Bareskrim, Hotman Paris Mengaku Merasa Bodoh dan Ini Tanggapan Pedagang Mangga Dua

(dok:net)

PEKANBARU  (Surya24.Com) – Pola hidup yang ditengarai mewah atau hedon yang dilakukan istri Sekretaris Daerah Provinsi atau  Sekdaprov Riau  SF Haryanto ternyata berbuntut panjang. Selain menjadi viral di media social (Medsos). Dikabarkan pejabat ini  dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan pembohongan publik .

Dikabarkan  Sekdaprov Riau  SF Haryanto dilaporkan oleh Relawan Indonesia Bersatu ke Bareskrim Polri pada Selasa (28/3/2023).

Pelaporan dilakukan terkait ungkapan  pembohongan publik yang diduga dilakukan  Sekdaprov Riau SF Hariyanto soal istrinya yang viral pamer tas branded di media sosial, hingga pesta ulang tahun atau sweet seventeen putrinya.

Dilansir dari KompasTV, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan usai melaporkan ke Bareskrim Mabes Polri menyampaikan, pihaknya juga meminta Kabareskrim Polri untuk mengusut  Sekdaprov Riau .

"Ada statement-nya beliau dalam bentuk video juga di Twitter. Dalam video itu mengatakan bahwa itu acaranya ada di toko Ritz Carlton . Itu sudah  pembohongan publik . Ini harusnya disikapi, Ritz Carlton itu bukan toko tapi kan hotel bintang 5 yang mahal.Klarifikasi dia kan dianggap unsur pembohongan publik ," jelas Lisman seperti dilansir tribunnews.com.

Lebih lanjut Lisman juga meminta pengakuan  Sekdaprov Riau bahwa tas istrinya adalah barang palsu juga diusut.

"Nah itu bisa saja disebut dan dicek apa benar itu kw. Kalau itu kan pernyataan versi dia, bisa diusut tuntas. Belum tentu. Itu tergolong mahal itu," kata Lisman.

Seperti diketahui sebuah video viral berisi ucapan Sekdaprov Riau  SF Haryanto bahwa putrinya pesta sweet seventeen di toko bernama Ritz Carlton .

Sejalan dengan video viral pernyataan Sekdaprov Riau SF Haryanto itu, juga viral video putrinya pesta mewah sweet seventeen di hotel Ritz Carlton .

Terungkapnya video viral pernyataan Sekdaprov Riau SF Haryanto putrinya pesta di toko bernama Ritz Carlton itu sejalan dengan Ritz Carlton Trending di Twitter .

 

Nama hotel mewah Ritz Carlton jadi topik Trending di Twitter pada Sabtu (26/3/2023) dinihari, netizen membahas pesta mewah putri Sekdaprov Riau SF Haryanto .

Setidaknya sudah ada 1.805 tweet terkait Ritz Carlton hingga Sabtu dinihari pukul 00.30 WIB. Beragam tweet terkait Ritz Carlton tersebut, umumnya membahas dua hal.

Pertama soal rapat koordinasi KPK dan pesta mewah sweet seventeen putri Sekdaprov Riau SF Haryanto . Netizen memuat pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri tentang rapat di Ritz Carlton.

Kemudian, netizen memuat foto dan video pernyataan Sekdaprov Riau SF Haryanto soal pesta sweet seventeen putrinya hanya di toko.

Pernyataan Ketua KPK yang dimuat netizen adalah soal rapat di hotel untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, tapi digelar di hotel mewah.

Sementara, video putri Sekdaprov Riau SF HAryanto yang diunggah adalah pesta mewah dengan kue sweet seventeen berwarna gold.

Berikut di antara tweet netizen soal Firli Bahuri dan Sekdaprov Riau SF Haryanto :

@GeiszChalifah: Hotel Ritz-Carlton, pihaknya memilih menggelar kegiatan ini di hotel untuk bisa meningkatkan belanja masyarakat. Kata Firli, hal itu juga untuk menyokong perekonomian masyarakat.

"Firli Bahuri Gelar Rakor KPK di Hotel Bintang 5: Dukung Ekonomi Rakyat"

@bobby_risakotta: Kadang apa yg ada di otak netijen gak sejalan dgn apa yg ada di otak mereka2. Masih kental diingatan soal Ketua @KPK_RI naik Helikopter mewah, ehh skarang rapat di Ritz Carlton .

Presiden larang bergaya hidup mewah, pejabat2nya asik dengan kemewahan

 

@ferizandra: Rapat Koordinasi KPK digelar di Hotel Ritz Carlton yang mewah. Hotel ini dimiliki oleh konglomerat Tan Kian yang juga memiliki hotel mewah lainnya, JW Marriott.

Saya gak paham apakah yang dimaksudkan Ketua KPK dengan sokong perekonomian rakyat.

@PostMKG: Gambar Istri Sekda Riau dan anaknya, dalam pesta Sweet Seventeen di Toko Ritz Carlton 11 tahun yang lalu.

Ritz-Carlton kih Toko Kelontong opo Hotel Bintang 5 jane. Mas Annadwi kok kepo to.

@DirjenAntiAging: Setelah barang2 branded istrinya di claim sbg barang2 KW, kini pak Sekda bilang, anaknya itu waktu merayakan ultahnya yg ke 17 itu ulangtahunnya di TOKO, bukan “dibesar besar” (nggak tau besar2 maksudnya apa ). nah Toko nya itu namanya Ritz Carlton - coba sana pada

@PartaiSocmed: Selamat pagi Pak SF Hariyanto, Sekda Riau, apakah video pesta di Ritz Carlton ini adalah pesta puteri Bapak? Jika iya apakah hotelnya Ritz Carlton KW dan pestanya cuma pesta imajinasi?

@Shaggy_Solo: Itu dah. Sampai aku Google Maps pun, nama Ritz Carlton cuma muncul di SCBD dan itu hotel keren itu. Hadeeehh.

@NESVERLAND: eleh eleh, enak bgt ya ngerayain sweet seventeen di hotel Ritz Carlton , tu hotel mewah bgt loh anyeng, terus kenapa pas ditanya malah ngelesnya itu cuma nama toko yang bernama Ritz Carlton ? ngelesnya jelek ih. makin ngeles makin di korek sama netizen loh pak

@kafiradikalis: Capek berkeliling Riau hari ini sampe tengah malam hanya u/ mencari toko yg bernama Ritz Carlton . Gak nemu. Ingin rasa'y mengetuk pintu rumah Sekda Riau saat ini u/ minta ganti ongkos+biaya makan sampe tengah malam ini.

Merasa Bodoh S

Dibagian lain, - SF Hariyanto yang menjadi Sekda Riau memang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Pasalnya SF Hariyanto telah menggelar acara ulang tahun sang anak sulung secara mewah.

Tak tanggung-tanggung, kabar beredar bahwa SF Hariyanto yang menjadi Sekda Riau ini menggelar acara ulang tahun di hotel mewah yaitu Ritz Carlton.

Bahkan baru-baru ini beredar sebuah video klarifikasi SF Hariyanto yang membantah menggelar pesta mewah di Ritz Carlton.

Pengacara kondang Hotman Paris pun turut mengomentari klarifikasi yang dibuat oleh SF Hariyanto.

Dikutip Kilat.com dari akun Instagram @hotmanparisofficial yang dibagikan pada 26 Mei 2023, Hotman Paris ikut berkomentar.

Hotman Paris mengaku merasa menjadi orang bodoh saat mendengarkan klarifikasi dari Sekda Riau SF Hariyanto terkait pesta di Ritz Carlton tersebut.

"Aduh, aku jadi bodoh nih," tulisnya dalam kolom caption.

"Dimana ada toko, ruko Ritz Carlton di Jakarta?," tanyanya.

Unggahan Hotman Paris tentang klarifikasi Sekda Riau SF Hariyanto itu mendapatkan berbagai komentar dari netizen.

"Kalau bos Hotman sudah posting, artinya Anda bapak Sekda sedang tidak baik-baik saja," tulis akun @fendachmad_.

"Orang daerah kan enggak tahu ya 'ruko Ritz Carlton', so mungkin percaya aja enggak mewah-mewah," jelas akun @gracemaggie2326.

"Sampai bang Hotman pun dibuat bingung, kenapa Hotman belum tau kalau ada toko RC di Jakarta," ujar akun @titiasfa.

"Ayo diungkapkan lagi, di Riau khususnya Pekanbaru di sidak banyak orang-orang yang kayanya luar baisa," pungkas akun @saputracrahmat.

 

Hingga kini unggahan yang dibagikan oleh akun milik Hotman Paris tersebut telah mendapat lebih dari 5.000 tanda suka dari netizen.

Orang Biasa.

Seperti ramai diberitakan bahwa Sekdaprov Riau dalam klarifikasinya menyebutkan bahwa tas bermerek yang dipakai istrinya tas kw yang dibeli di Mangga Dua.

Lantas bagaimana tanggapan pedagang itu? Dikutip dari kompastv.com, pedagang tas KW branded di Mangga Dua, Jakarta Utara, mengaku tak pernah mengetahui ada ibu-ibu pejabat yang membeli tas di pusat perbelanjaan tersebut.

 Pedagang menyampaikan itu menanggapi foto viral istri Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto yang memamerkan tas branded. Hariyanto mengaku bahwa istrinya membeli tas KW dari ITC Mangga Dua.

 "Waduh kalau itu ya gimana ya, bisa jadi kan bukan dari sini belinya, mengaku doang gitu. Kami ya belum tahu pastinya gimana," ujar salah satu pedagang, Sisi (33), kepada Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Sisi menduga, istri Hariyanto memakai tas orisinal, tetapi mengaku beli di Mangga Dua. Sebab, Sisi tidak pernah melihat istri pejabat membeli tas KW branded di Mangga dua. 

"Jangan-jangan pakai yang orisinal tapi bilangnya beli di sini. Kami juga enggak tahu ada pejabat beli di sini," kata Sisi.

 "Paling yang beli orang yang biasa aja gitu," imbuh dia. 

Sebelumnya, pemilik akun Twitter @PartaiSocmed mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan deretan tas branded, seperti Hermes dan Gucci, yang digunakan istri Hariyanto.

 SF Hariyanto pun memberikan klarifikasi terhadap foto istrinya yang beredar di media sosial tersebut. “Saya juga baru dapat informasinya. Namun, saya pikir ini perlu diluruskan agar tidak menjadi informasi yang tidak benar di tengah-tengah masyarakat,” papar Hariyanto, dikutip dari situs web riau.go.id, Minggu (19/3/2023).

 Menurut Hariyanto, salah satu tas yang dipakai istrinya merupakan barang KW alias tiruan. Tas itu dibeli di salah satu toko di pusat perbelanjaan ITC Mangga Dua. 

Tak Pernah Dapat Pelanggan Ibu-ibu Pejabat 

XSebelumnya, sejumlah pedagang tas KW branded di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, mengaku tidak pernah melayani ibu-ibu pejabat yang berbelanja di tokonya. Diketahui, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto, mengaku tas branded yang kerap dipamerkan istrinya di media sosial bukanlah barang asli, melainkan tas KW yang dibeli di Mangga Dua. 

Meski begitu, pedagang tas KW branded di Mangga Dua pun tidak pernah melihat ada ibu pejabat yang berbelanja di tokonya.

"Enggak pernah ke toko ini sih (ibu pejabat) jadi enggak tau. Terus enggak pernah ngelayanin ibu-ibu pejabat gitu saya. Paling yang beli biasa aja gitu," ujar salah satu pedagang Sisi (33), kepada Kompas.com saat ditemui, Rabu (29/3/2023).

 Sama halnya dengan pedagang lain, Ajeng (26). Menurut dia, pelanggan yang biasa belanja di tokomya terlihat sederhana tidak seperti ibu-ibu pejabat. "Jarang ada yang beli di sini kayak ibu-ibu pejabat, paling customer keliatannya kayak biasa aja gitu," kata dia.

 "Enggak kelihatan lah, pasti enggak mungkin aku tanya juga sih dia siapa," kata Ajeng. 

Seperti diketahui , akun Twitter @Partai Socmed mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan deretan tas mewah, seperi Hermes dan Gucci, yang digunakan istri Hariyanto. Baca juga: Saat Sekda Riau dan Pj Bupati Bombana Kompak Mengaku Beli Tas Branded KW Istri di Mangga Dua... SF Hariyanto pun memberikan klarifikasi terhadap foto istrinya yang beredar di media sosial tersebut.

 Menurut dia, salah satu tas yang dipakai istrinya merupakan barang KW alias tiruan. Tas itu dibeli di salah satu toko di pusat perbelanjaan ITC Mangga Dua, Jakarta Utara. “Saya coba sampaikan karena sudah saya kroscek langsung tentang hal-hal tersebut. Misalnya untuk tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp 2 sampai dengan Rp 5 juta di toko lorient_second lantai satu Mangga Dua Jakarta. Itu tokonya masih ada, silakan di kroscek kalau ingin melihatnya,” ujar dia.***