Ketua PWI Pusat Atal S. Depari Berikan Pencerahan Wartawan di Riau

DUMAI (Surya24.com) - PWI Riau dan SPS bekerjasama dengan SKK Migas - KKKS kembali menggelar webinar dengan tema Pers dan Covid-19 dengan menghadirkan narasumber ketua umum PWI pusat Atal S. Depari.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Rabu-Kamis 16-17 Desember 2020. PWI Riau  menghadirkan narasumber tim gugus covid-19 provinsi Riau Mimi Nazir Kepala Dinas Keseatan Riau.

Kehadiran ketua umum PWI di zoom meeting bersama wartawan di Riau sudah sejak lama dinantikan. Wartawan di Riau sangat antusias mengikutinya, hal ini ditunjukan banyaknya pertanyaan yang disampaikan setelah ketum PWI Pusat menyampaikan materi.

Dikatakan Atal peran wartawan terhadap perubahan perilaku saat ini adalah mengkampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dilapangan.

"Kita sebagai wartawan diharapkan membuat berita keberhasilan, mengevaluasi kelemahan. Mengangkat berita keteladanan dan membuat tulisan kisah sukses masyarakat ditengah pandemi covid-19,"kata Atal.

Atal juga meminta wartawan membuat berita tidak hoax. sebelum sebuah berita dimuat terlebih dahulu melakukan verifikasi yang mendalam. Selain itu wartawan harus menjernihkan informasi yang menyesatkan di media sosial atau media massa tentang perubahan perilaku dan protokol kesehatan covid-19.

Beberapa pertanyaan dari wartawan di Riau salah satunya adalah terkait vaksin covid-19 yang sudah disiapkan pemerintah. Atal dengan tegas mengatakan, jika dia bersedia menjadi garda terdepan penggunaan vaksin covid-19 ini.

Webinar kali ini dibuka langsung oleh perwakilan SKK Migas perwakilan Riau Yanin Kholison spesialis pratama produksi dan bisnis dan di moderar oleh ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang.

Kegiatan webinar ini dilaksanakan PWI Riau  dikatakan Zulmansyah didukung penuh oleh SKK Migas dan  kontraktor Kerja Kerja Sama (KKKS) yang merupakan badan usaha tetap atau perusahaan pemegang hak pengelolaan kegiatan ekplorasi, ekploitasi minyak dan gas bumi di Riau.

Di Indonesia khususnya di provinsi Riau KKKS yang melakukan ekplorasi, ekploitasi minyak dan gas bumi adalah PT. Cevron, EMP, BSP, Pertamina PHE Siak, PErtamina PHE Kampar, Pertamina EP dan SPR Langgak.

Diakhir kegiatan webinar, panitia menyiapkan tujuh undian door prize. Diantaranya lima undian berhadiah Rp.500.000 dan dua undian berhadiah Rp.1.000.000.

Adapun peserta webinar yang mendapatkan undian door prize berhadiah Rp.500.000 yaitu Jinto Lumban Gaol, Fuadi B,  Ishar D, M. Ikwan dan Friedrich Edward Lumy.

Sementara peserta webinar yang berhasil mendapatkan undian door prize berhadiah Rp.1.000.000 adalah Bambang Prayetno (PWI Dumai) dan Reni Rahayu. (edi)