Kwarcab Gerakan Pramuka Rokan Hilir Utus H Yan Faisal Ikuti KPL di Tanjungpinang

Tanjung Pinang (Surya24.com) - Kursus Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL) yang di selenggarakan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Daerah Pramuka Kepulauan Riau di Tanjung Pinang diikuti sebanyak 38 orang pelatih pembina pramuka dari beberapa Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di Indonesia.

38 orang pelatih tersebut yang sudah mengantongi Kursus Pelatih Dasar atau KPL datang dari Kwartir Daerah Nusa Tenggara Barat, Jambi, Kalimantan Selatan, Maluku, Riau dan beberapa Kwarcab Kabupaten dan Kota Propinsi Kepri.

Sedangkan untuk Kwarcab Gerakan Pramuka Rokan Hilir mengirimkan satu orang peserta atas nama Haji Yan Faisal.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Gerakan Pramuka Propinsi Kepulauan Riau Muhammad Basri

Kegiatan kursus berlangsung dari tanggal 23 sampai 29 Desember 2020 kali ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya di laksanakan Pusdiklat Daerah Propinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Pusdiklat Nasional Gerakan Pramuka Indonesia.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Gerakan Pramuka Propinsi Kepulauan Riau Muhammad Basri menyebutkan panitia memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat.

Dimana setiap peserta harus memiliki rapid tes atau swab dengan protokol kesehatan seperti masker, cuci tangan, jarak duduk dan strill untuk menghindari claster.

Tenaga-tenaga pelatih untuk pelatihan KPL Nasional ini, Pusdiklat Gerakan Pramuka Kepulauan Riau mendatangkan pelatih-pelatih nasional dari Pusdiklat Nasional seperti dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

Seperti Kak Joko Mursito, Hariyanto, Harmidi, Hasan Basri, Ariyanti AR, Fery Eka, Ispawandi, Opay, H Armel Bahtiar dengan materi standart nasional.

Meliputi visi misi gerakan pramuka, filosofi PDK, NK, Kepramukaan pendidikan berkelanjutan, menajemen konflik teknik penyelesaian masalah, Kapita selekta pelatihan dunia dan indonesia, meeting group, menyusun desainer pelatihan.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Gerakan Pramuka Propinsi Kepulauan Riau Muhammad Basri menyebutkan dengan pelatihan kursus lanjutan ini diharapkan melahirkan pelatih pembina yang handal untuk pramuka dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan KPL di Tanjung Pinang Kepri ini menurut Muhammad Basri berdasarkan  SK Nomor 18 Tahun 2020 Kwarda Gerakan Pramuka Kepulauan Riau yang di tanda tangani dr Haji Tengku S Atief Fafilah .S.Sos Msi.  (Suhend)