Nyaris Putus, Pemkab Bengkalis dan PT CPI Lakukan Perbaikan Pipa Air Bersih

BENGKALIS (Surya24.com) — Kerusakan  jalan Pipa Air Bersih di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis kini tengah ditangani. Ruas jalan yang amblas dan nyaris putus itu dilakukan perbaikan dengan koordinasi serta kerja sama yang baik antar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas PUPR beserta perusahaan tambang minyak bumi terbesar dan terkenal di Riau, PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI).

Saat dikonfirmasi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) PUPR Bengkalis, Ardiansyah, melalui Staff Workshop Rudi Rinaldo turut membenarkan kabar baik itu.

“Untuk kerusakan (amblas) jalan Pipa Air Bersih, kini sedang diperbaiki. Proses perbaikannya dilakukan dengan koordinasi positif yang dijalin Pemkab Bengkalis melalui Dinas PUPR dengan PT CPI,” kata Rudi , Jum’at (12/2) via seluler saat dihubungi wartawan.

Tepat di bawah jalan yang rusak, lanjutnya, juga terdapat rangkaian pipa air bersih milik PUPR Bengkalis. Oleh karenanya, koordinasi antar keduanya perlu dilakukan.

“Kebetulan di bawah jalan yang amblas itu ada saluran instalasi pipa yang mengalirkan air bersih. Jadi koordinasi dengan PT Chevron sangat penting dilakukan,” ucapnya.

Akses vital menuju kantor Satlantas Polres Bengkalis, SMK Negeri 1 Duri, kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis dan pusat lalu lintas menuju ke Simpang Lima, Desa Petani ini diperbaiki dengan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan (K3).

Sebagaimana diketahui, PT CPI adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pemerintah Indonesia di Blok Rokan yang mengelola Barang Milik Negara termasuk jalan operasi di jalan Pipa Air Bersih mengingat prinsip pekerjaannya, seluruh aspek keselamatan pun diperketat.

 “Keselamatan masyarakat di lingkungan area operasi merupakan hal yang sangat kami perhatikan. Oleh karena itu perlu kerja sama masyarakat, pemerintah dan perusahaan pengguna jalan untuk turut menjaga keamanan dan kenyamanan jalan operasi ini,” kata Sonitha Poernomo, Manager Corporate Communication PT CPI.

Sepanjang perbaikan jalan yang amblas, disambungkan Rudi Kembali, akses lalu lintas itu bakal ditutup sementara waktu. Sebagai gantinya, warga maupun para pelintas bisa melalui beberapa jalan alternatif yang ada di sebelahnya.

“Untuk sementara jalan ditutup, disterilkan supaya pekerjaan bebas gangguan. Informasi atau petunjuk penutupan jalan pun sudah dipasang di sekitar lokasi, sudah juga diimbau ke warga sekitar,” terang Rudi.

Ia menyebut, penutupan jalan bersifat sementara. Hal itu dilakukan untuk alasan keamanan dan keselamatan warga. Saat disinggung durasi penutupan akses perlintasan itu, Rudi tak ingin berspekulasi.

“Kalau durasi, kemungkinan sekitar satu bulan. Bisa lebih cepat atau lebih lambat, kita doakan saja bisa secepatnya selesai dan bisa dilalui kembali,” paparnya.

Di lokasi itu pula, sejumlah alat berat telah dikerahkan. Mulai dari Crane, truk dan beberapa alat lainnya diturunkan untuk mempercepat dan mempermudah kinerja perbaikan.

Kerjasama Positif

Selain jalan Pipa Air Bersih, koordinasi positif nan harmonis Pemkab Bengkalis dan PT CPI juga ditorehkan dalam sejumlah perbaikan infrastruktur di wilayah Kabupaten Bengkalis, termasuk salah satunya Jembatan I Rangau.

Selain itu, Pemkab Bengkalis melalui Dinas PUPR juga tengah berkoordinasi untuk segera meremajakan ruas jalan mulai dari depan Gate III PT CPI sampai ke simpang empat Rangau.

“Benar, selain jalan Pipa Air Bersih, kita juga menggandeng PT CPI untuk memperbaiki kerusakan Jembatan I Rangau. Kemudian sedang kita koordinasikan untuk meremajakan ruas jalan di Rangau. Alhamdullilah, sampai saat ini kolaborasi dan komunikasi kita bersama PT CPI sangat harmonis,” seru Rudi.

Rudi berharap, kerjasama dan komunikasi senada dapat terus terjalin di kemudian hari untuk lebih memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan daerah dari berbagai lini sektoral, terutama di bidang infrastruktur.

“Semoga hubungan baik Pemkab Bengkalis dan PT CPI tetap harmonis. Tak lupa, mari kita doakan agar tahap-tahap perbaikan jalan dan jembatan itu bisa segera rampung dan bisa kembali dipergunakan,” pungkasnya.(leo)


Tulis Komentar