Wakil Gubernur Riau: Bantuan Ekskavator Harus Tepat Sasaran

PEKANBARU (Surya24.com) - Wakil Gubernur (Wagubri), H Edy Natar Nasution menegaskan, peminjaman  alat berat untuk pembukaan lahan pertanian oleh masyarakat harus tepat sasaran.

Hal tersebut diungkapkan Wagubri, Edy Natar Nasution, saat melakukan peninjauan alat berat jenis ekskavator PC-130 yang akan diperbantukan Pemprov Riau untuk masyarakat. 

"Saya berharap bantuan ekskavator ini bisa tepat sasaran, agar progam pemerintah dalam upaya melakukan upaya pencegahan Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) bisa tercapai maksimal, kata Wagubri, Kamis (18/3/2021) di Unit Pelayan Teknis (UPT), Dinas PUPR-PKPP Pemprov Riau, Jalan Labersa, Pekanbaru. 

Sedikitnya 12 unit alat berat jenis ekskavator PC-130 telah disiapkan Pemprov Riau, yang bertujuan untuk para petani yang ingin membuka lahan pertanian tanpa harus membakar. 

Wagubri H Edi Natar Nasution menyebutkan, dari jumlah 12 unit ekskavator itu, 9 unit saat ini berada di Unit UPT Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP), Jalan Labersa Pekanbaru. Kemudian, 3 unit lagi sudah berada di UPT 2 Dumai - Rohul, UPT 3 Meranti - Bengkalis dan UPT 6 Rohul," kata Wagubri.

Lebih lanjut Wagubri menuturkan, bahwa tujuan Pemprov Riau memberikan bantuan ini dalam rangka mengantisipasi masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara membakar.

"Alat berat jenis ekskavator PC-130 ini kondisinya layak dan siap operasionalkan untuk membuka lahan. Saya harap masyarakat bisa memanfaatkan program ini dengan baik dan segera berkoordinasi dengan instansi terkait. Masyarakat juga dibantu secara gratis, karena ini sesuai kebijakan Gubernur Riau," tutur Wagubri. 

Dengan adanya kebijakan ini, Wagubri berharap agar tidak ada lagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar. Hal ini bertujian agar provinsi Riau bisa tetap bebas dari kabut asap Karhutla seperti tahun sebelumnya. (MCR)


Tulis Komentar