Semenisasi Jalan di Teluk Mesjid CSR PT.BSP Dikerjakan Asal-asalan

Kondisi jalan di kampung Teluk Mesjid dibangun asal-salalan.padahal jalan ini baru tiga bulan selesai dikerjakan

SIAK (Surya24.com) - Corporate Social Responsibility (CSR) adalah memberikan kontribusi pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat secara ekonomi, sosial serta lingkungan yang terdampak langsung maupun tidak langsung memberikan bantuan untuk mensejahterakan masyarakat selama perusahaan masih beraktifitas.

Diantaranya perusahaan Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako (BOB PT.BSP) Petamina Hulu yang mengelola Minyak dan Gas, baru - baru ini menyalurkan program CSR nya tahun 2021 berupa bantuan seminisasi jalan 4 M x 200 M di RT/RW 02/02 Kampung Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak
Sabtu(7/8/2021).

Menurut warga setempat, semenisasi jalan yang di kerjakan oleh pihak Kontraktor CSR PT.BSP bagi warga kampung Teluk Mesjid dibangun asal-salalan.padahal jalan ini belum lama dikerjakan.

Selain bodi jalan retak, pada bibir jalan juga bengkok sampai dengan selesai di kerjakan Kontraktor, beberapa titik bodi jalan sudah ada yang patah.dan terkelupas.

Menurut warga, lemahnya pengawasan dari perusahaan tersebut, patut diduga adanya penyimpangan anggaran yang dinikmati oleh oknum Kontraktor. Anggaran yang dikucurkan dari CSR PT.BSP untuk program semenisasi jalan di Kampung Teluk Mesjid.sejak dimulainya pengerjaan, plang proyek CSR dari perusahaan tidak terpasang. Sehingga publik tidak tau atau memang tidak boleh tau berapa badjed/nilai CSR nya, terkesan juga seperti siluman.

Pantauan media di lapangan, kondisi pengerjaan jalan oleh Kontraktor, memang belum layak. Wajar kalau masyarakat kecewa, sebab dengan menelan dana yang besar seperti menghamburkan uang saja. Pada bodi jalan ada yang patah, miring, berkelok, aspal pada sambungan jalan sudah mengelupas.

Humas BOB PT.BSP Genta beberapa hari lalu di hubungi melalui selulernya mengatakan, bahwa semenisasi jalan program CSR PT.BSP, sudah di serahterimakan ke pihak desa melalui Penghulu Kampung Teluk Mesjid. Namun pada saat yang sama di telpon media Penghulu Ferli Sunarya berkilah dan membantah keras bahwa semenisasi jalan di RT/RW 02/02 Teluk Mesjid program CSR PT.BSP belum ada di serahterimakan ke pihaknya. " Saya juga tidak pernah ketemu dan tidak kenal dengan kontraktor yang mengerjakan CSR PT BSP ". Tegas Penghulu Ferli.

Saat media ini menemui tokoh masyarakat berinisial NR dan RS mengatakan rasa terimakasih kepada pihak BOB PT.BSP yang sudah menyalurkan program CSR nya. " Namun demikian program CSR semenisasi jalan kali ini, yang baru sekitar tiga bulan selesai dikerjakan Kontraktor, sunguh mengecewakan kami. Disebabkan beberapa bagian jalan ada yang retak dan patah, jalan miring dan bergelombang," ujarnya.

Sepertinya campuran semen maupun sambungan besi tidak sesuai aturan. Warga juga mengeluhkan apakah pengerjaan semenisasi jalan CSR dari BSP ada yang menginstruksikan supaya asal jadi, mereka juga tidak tau.

" Sebagai masyarakat kami berharap kepada Kontraktor maupun pihak perusahaan untuk memperbaiki mana yang patah dan sudah miring. Bila perlu pada bagian yang patah di bongkar untuk melihat apakah pemakaian angker besi maupun sambungannya sudah sesuai aturan. Sehingga program CSR dari PT.BSP di Kampung Teluk Mesjid maupun di kampung lain dapat dinikmati oleh masyarakat, "pungkasnya. (Darwis)