Haswinda Serahkan Sampan Tambang untuk Masyarakat Desa Birandang 

Anggota DPRD Kampar Haswinda (tengah), Kepala desa Tomas Renaldo (kanan) dan Kabid Nasir (kiri) menandatangani Serah terima Rakit Penyeberangan dengan Dinas Perhubungan Kampar

KAMPA (Surya24.com) - Kepala Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Tomas Renaldo yang disaksikan puluhan masyarakat desanya menandatangani serah terima Rakit penyeberangan (Sampan Tambang) yang dilaksanakan di Desa Pulau Birandang, Jumat (27/8/2021).

Serah terima Rakit Penyeberangan (Sampan Tambang) ini, antara kepala desa Pulau Birandang Tomas Renaldo dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar (Dishub) melalui Kepala Bidang Angkutan Dan Sarana, Muhammad Nasir SE.

Sampan penyeberangan atau rakit yang biasa digunakan masyarakat pulau birandang ini berkat perjuangan anggota DPRD Kampar dari Fraksi Partai Demokrat Haswinda, S.Ag melalui Aspirasinya sendiri.

Anggota Komisi IV itu menyatakan, sudah kewajiban dirinya sebagai wakil rakyat untuk memberikan pelayanan terbaik dan merancang pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat Dapilnya.

" InsyaAllah hari ini saya telah memenuhi janji saya kepada masyarakat desa pulau Birandang melalui Aspirasi saya Sampan ini sudah diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat Pulau Birandang ini.” jelas Haswinda, Jumat  (27/8/2021).

Kades Pulau Birandang Tomas Renaldo mengatakan, sampan penyeberangan yang digunakan masyarakat saat ini merupakan hasil peminjaman. " Sampan tambang yang kami miliki sudah rapuh dan tak layak pakai lagi. Maka kami meminjam sampan milik desa tetangga alam panjang yang tidak digunakannya lagi,” ungkap Tomas.

Sebagian masyarakat Pulau Birandang masih bergantung ke sampan penyeberangan, walaupun sudah ada jembatan beton kokoh yang menghubungi dengan desa seberang pulau. Warga menyebut, letaknya dirasa cukup jauh dari pemukiman, jika melewati jembatan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tujuan.

Makanya sampan penyeberangan ini menjadi jalur alternatif yang masih menjadi primadona bagi masyarakat. “Alhamdulillah rakit penyeberangan desa pulau Birandang sudah terwujud, berkat perjuangan dan melalui Aspirasi  buk dewan Haswinda, sampan tambang saat ini sudah bisa kita pergunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyeberang,” ucap Tomas.

Tomas juga tidak lupa menyampaikan bahwa perjuangan sampan tambang ini juga tidak luput dari kebersamaan para pemuda seperti Hadi dan Rahmad, sehingga ia berhasil mendapatkan sampan tambang yang diinginkan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Angkutan Dan Sarana, Dinas Perhubungan Kampar, Muhammad Nasir SE mengatakan, ini terwujud berkat kegigihan kepala desa Pulau Birandang Tomas Renaldo yang terus berkomunikasi dengan pihak Dinas Perhubungan Kampar.

" Alhamdulillah permintaan masyarakat sudah terwujud, kita akan serahkan Rakit ini kepada Pemerintah desa Pulau Birandang. InsyaAllah untuk APBD Perubahan ini kita akan laksanakan pembangunan dermaganya lebih bagus dan DED nya sudah kita buatkan, "jelas Nasir.(hasbi)


Tulis Komentar