Intensitas Curah Hujan Tinggi

Antisipasi Ancaman Banjir, DLH Rohil Normalisasi Parit

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Intensitas curah hujan beberapa hari ini cukup tinggi, curah hujan membuat ancaman banjir terjadi di beberapa titik lokasi langganan banjir di Bagansiapiapi, Rohil.

Namun sejak beberapa waktu lalu hingga Sabtu (8/1/2022) petugas DLH Rohil berjibaku mengantisipasi banjir dengan cara membersihkan aliran parit, selokan dan anak-anak sungai yang ada di Kota seribu kubah ini.

Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Rohil selain mengangkat sampah dari permukaan parit dan sungai juga endapan lumpur. Hampir seluruh parit hingga Sabtu (8/1/2022) sore ini terlihat petugas menggali dan mengangkat endapan lumpur tersebut ke atas lalu di bawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Hal ini dibenarkan Kadis DLH Rohil, Suwandi.S.Sos yang terekam kamera awak media di lokasi pengangkatan lumpur dari parit yang sudah di drainase.

" Kami rutin membersihkan dan mengangkat endapan sampah dan lumpur dari dalam parit dan drainase untuk menormalisasi aliran air, " sebut Suwandi. " Petugas siang dan malam berjibaku bekerja, dengan pengangkatan lumpur dan sampah dari dalam parit, maka dengan begitu jalan air menjadi lancar, " akunya.

Kepala DLH Rohil ini juga mengucapkan terima kasih kepada personil kebersihan yang di pimpinnya karena telah bekerja keras mendukung program mengatasi dan mengantisipasi banjir oleh Bupati dan Wabup Rohil ini.

Terpisah Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dan Wabup H Sulaiman SS.MH menyebutkan pihaknya terus memonitor dan memantau kondisi terkini di lapangan. " Kita berdoa bersama-sama dan mohon dukunganya usaha kita ini. Harapan kami dapat minimalisir genangan air dan ancaman banjir ini, " ucap Bupati Rohil yang di dampingi Wabup Rohil ini.

Tahun 2021 lalu Pemkab Rohil berhasil minimalisir ancaman banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Memasuki Januari 2022 curah hujan cukup tinggi melanda Bagansiapiapi sekitarnya membuat petugas DLH bergerak cepat untuk mengatasi genangan air dengan membuka saluran-saluran parit dan selokan yang tersumbat sampah dan endapan lumpur. (HY)