Ilmuwan Temukan Bukti Manusia Bukan yang Pertama Gunakan Api, Lalu Siapa?

ilustrasi manusia purba memasak ikan. (Dok:©Ella Maru)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Bukti terbaru yang ditemukan di Afrika Selatan membantah pernyataan yang menyebut homo sapien (manusia) sebagai makhluk pertama yang menggunakan api.

Analisis sisa fosil yang ditemukan di Gua Rising Star di Afsel mengindikasikan Homo naledi, spesies yang sudah punah dari hominid (primata kera besar), menggunakan api di dalam ruang di bawah tanah.

Dikutip dari merdeka.com, penemuan ini disampaikan oleh Profesor Lee Berger dari Universitas Witwatersrand, Johannesburg di Institusi Sains Carnegie di Washington pada Desember

"Kami cukup yakin dengan kesimpulan dari hipotesis ini yang menyatakan hominid berotak kecil, Homo naledi, yang hidup di waktu yang sama dengan Homo Sapien di Afrika, menggunakan api untuk berbagai keperluan," kata dia, seperti dilansir laman Greek Reporter.

Namun temuan menakjubkan dari spesies hominid yang hidup 200.000-300.000 tahun lalu ini belum dikaji oleh sesama peneliti.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan sisa-sisa fosil homo hominid yang pertama kali ditemukan pada 2013 oleh Berger dan timya di dalam Gua Rising Star.

Sejak itu sejumlah penggalian dilakukan dan ilmuwan menemukan fosil sejumlah sosok baik laki-laki maupun perempuan, remaja, dan dewasa serta bukti praktik ritual pemakaman.

Berger sebelumnya mengatakan saat dia pertama kali masuk ke dalam gua, dia melihat bekas jelaga di dinding gua. Gua itu kedalamannya mencapai ratusan meter dihubungkan oleh lorong-lorong sempit.

"Ketika saya menengadah dan melihat ke langit-langit gua, saya menyadari langit-langit bukanlah murni kalsium karbonat. Atap di atas kepala saya berwarna abu-abu dan ada area yang menghitam di dinding."

"Ada banyak jelaga di permukaan dinding. Keseluruhan langit-langit ruang gua tempat kami tujuh tahun bekerja itu pernah terbakar dan menghitam."

Penyelidikan lebih lanjut di lorong gua membuat peneliti menemukan sejumlah gua lain dan lorong yang ada bekas kayu bakar dan tulang hewan.

"Api tidak sulit dicari. Api ada di mana-mana di gua ini," kata Berger.

Sejumlah bukti yang belum lama ini ditemukan juga menyatakan Neanderthal cukup mahir menggunakan api. Kini kita tahu, ada spesies lain juga yang punya kemampuan itu. ***